Selasa 27 Mar 2018 14:31 WIB

Kementerian BUMN Dukung Divestasi Ruas Jalan Tol

Waskita dan Jasa Marga telah menjalankan divestasi dengan skema RDPT.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Teguh Firmansyah
Foto udara jalan layang tol Gedebage di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/12).
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Foto udara jalan layang tol Gedebage di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung upaya perusahaan jika ada yang ingin melakukan divestasi melalui instrumen Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT). Saat ini yang tengah melakukan cara tersebut yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengungkapkan hal tersebut sangat positif. "Tujuannya agar BUMN tidak hanya mengandalkan sumber pendanaan konvensional," kata Bambang, Selasa (27/3).

 

Selama ini sumber pendanaan konvensional dengan melakukan pinjaman perbankan. Dengan instrumen RDPT, lanjut Bambang, kedua perushaan BUMN tersebut akan mendivestasikan sahamnya di enam ruas tol Trans Jawa.

 

Melalui skema itu, Bambang menegaskan, Kementerian BUMN juga aman berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. "Kementerian BUMN pun terus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bisa segera merampungkan segala prosesnya," ujar Bambang.

Dia menambahkan, sejauh ini RDPT Waskita Karya sudah mendapat surat efektif dari OJK. Rencananya, kata Bambang, anak usaha Waskita Karya akan mendivestasikan tiga ruas tol yang dimilikinya yakni Kanci-Pajagan, Pajagan-Pemalang, dan Pasuruan-Probolinggo.

Menurut Bambang, beberapa investor sudah mulai tertarik terkait rencana Waskita Karya tersebut. "Investor yang berminat Taspen, Jamkrindo, Jasa Raharja, Asabri, Dana Pensiun dan beberapa perusahaan lain. Targetnya bisa peroleh dana kurang lebih Rp 5 triliun," ungkap Bambang.

Sementara itu, untuk RDPT Jasa Marga, menurut Bambang prosesnya masih terus bergulir di OJK. Jasa Marga berencana melakukan divestasi saham di tiga entitas anak perusahan yakni PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), dan PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). Lalu ruas tol yang ditawarkan yakni Batang-Semarang, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono.

"Untuk Jasa Marga, hanya 20 persen kepemilikan yang ditawarkan dengan target perolehan dana sebesar Rp3 triliun," kata Bambang.

Bambang yakin, langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat keuangan perusahaan mengingat keduanya sedang banyak berinvestasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement