Ahad 25 Mar 2018 21:00 WIB

BTN Himpun Ratusan Aplikasi KPR

Perseroan ingin menciptakan ekosistem digital pembiayaan perumahan.

Warga berjalan di perumahan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank BTN di Kelurahan Tegal Gede, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Kamis (9/3).
Foto: Antara/Seno
Warga berjalan di perumahan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank BTN di Kelurahan Tegal Gede, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Kamis (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk (BTN) menghimpun 225 ide aplikasi untuk pengembangan digitalisasi kredit pemilikan rumah (KPR) melalui kompetisi teknologi pembiayaan properti atau Mortgtech Hackathon.

Direktur Konsumer BTN Budi Satria mengatakan kompetisi pengembangan aplikasi perbankan pertama itu dimenangkan oleh Tim Celengan Property yang mencetuskan ide bertema "Celengan Properti". Sementara juara kedua diraih oleh Tim Wakanda dengan aplikasi berjudul Hommy dan juara ketiga adalah Tim Radya PlayGround dengan aplikasi Tania CRM. 

"Dewan Juri menganggap ketiga tim itu dapat membangun aplikasi yang memudahkan masyarakat dan perbankan serta pengembang dalam mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah," kata Budi, Ahad (25/3). 

Dia mengatakan untuk mendukung kesuksesan program Satu Juta Rumah, BTN tidak hanya berupaya memacu penyaluran kredit. Perseroan ingin menciptakan ekosistem digital pembiayaan perumahan yang berkelanjutan. 

"Ide aplikasi ini akan kami kembangkan lagi untuk dapat mewujudkan ekosistem digital pembiayaan perumahan tersebut guna mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah," ujarnya.

Budi mengungkapkan, ide-ide aplikasi yang telah dihimpun akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kredit pemilikan rumah (KPR). Eksplorasi ide tersebut diperlukan untuk menangkap berbagai peluang di tengah lahirnya berbagai layanan keuangan digital yang membuat persaingan bisnis pembiayaan semakin ketat.

Kepala Divisi Pengemangan dan Rencana Strategis IT BTN Purwa Riadi mengatakan pada ajang BTN Mortgtech Hackathon, telah terpilih enam tim terbaik dari 43 peserta yang memasuki babak terakhir. Beberapa di anataranya adalah aplikasi bertajuk Celengan Property dari Tim Celengan Property yang menyajikan aplikasi yang dapat membantu calon investor untuk memiliki properti secara rombongan sekaligus memberikan prediksi mengenai kenaikan harga properti. 

Kemudian, Tim Wakanda yang mengembangkan aplikasi bertajuk Hommy yang menyatukan calon pembeli, penyedia properti, perbankan salam satu ekosistem terpadu dan menyortir seluruh data komponen mitra.

Para pemenang mendapatkan hadiah total senilai Rp100 juta. Pemenang pertama pun akan memeroleh hadiah berupa kesempatan berkunjung langsung ke Silicon Valley dan mendapatkan program akselerasi dari Plug and Play Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement