Senin 26 Feb 2018 16:07 WIB

IMF Sebut Perekonomian Indonesia Berjalan Baik

IMF kagum dengan reformasi berbagai program yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (kiri) menyalami warga ketika melakukan blusukan ke Pasar Tanah Abang Jakarta, Senin (26/2).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (kiri) menyalami warga ketika melakukan blusukan ke Pasar Tanah Abang Jakarta, Senin (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sela-sela kunjungannya ke Indonesia, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional, Internasional Monetery Fund (IMF) Chirstine Lagarde diajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) jalan-jalan di sekitar Jakarta. Mereka pun menyambangi Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat.

Usai meninjau, Legarde terkesan dengan kekuatan industri teksil dan para pekerja di pasar ini yang notabenenya wanita. Hal ini memperlihatkan adanya iklim dinamis dari ekonomi Indonesia. Melihat kondisi perekonomian saat ini, Legarde pun menyebut bahwa ekonomi Indonesia saat ini berjalan dengan baik.

"Hal ini didorong oleh konsumsi, investasi, dan ekspor. Dan tiga mesin ekonomi berjalan sangat baik," ujar Legarde, Senin (26/2).

Dia pun cukup kagum dengan reformasi berbagai program yang dilakukan pemerintahan saat ini. Ini membuat pergerakan ekonomi dalam negeri Indonesia kembali membaik. Legarde berharap perbaikan di sektor ekonomi ini juga merambah infrastrutktur sektor pendidikan dan sosial.

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (tengah) dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris melakukan blusukan meninjau pelayanan Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta, Senin (26/2).

Menurut Legarde, kemajuan perekonomian Indonesia diyakini bisa semakin naik karena ekonomi global pun saat ini berjalan jauh lebih baik tahun ini, IMF percaya tahun depan pun perkembangan ekonomi masih bagus. Dengan iklim ekonomi sekarang, Legarde melihat bahwa pemerintah Indonesia seharusnya bisa mencari keuntungan untuk percepatan pembangunan.

"Ini adalah pertumbuhan yang baik dan itu bagus untuk perusahaan," paparnya.

Sebelum melakukan kunjungan ke pasar Tanah Abang, Legarde bersama Presiden Jokowi meninjau pelayanan kesehatan masyarakat yang mengikuti program kartu indonesia sehat (KIS) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Menurut Legarde, untuk mendapatkan 90 juta orang lebih yang menggunakan KIS secara gratis sangat fantastis. Fasilitas yang diberikan pun mengesankan baik dari segi ukuran ruangan serta kecepatan penanganan pasien yang termasuk dalam sistem digital, mendukung ekonomi digital.

"Selamat untuk Presiden dan mereka yang bekerja di rumah sakit," ujar Legarde.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement