Ahad 18 Feb 2018 17:30 WIB

66 Ribu Kendaraan Melintasi GT Cikarang Utama Menuju Jakarta

Terjadi peningkatan signifikan arus lalu lintas menuju Jakarta, terutama pada malam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Israr Itah
Ratusan kendaraan mengantre di kawasan Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ratusan kendaraan mengantre di kawasan Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendekati akhir masa libur Imlek 2018, volume lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) mulai meningkat. Pada Sabtu (17/2) terjadi peningkatan signifikan pada arus lalu lintas menuju Jakarta, terutama pada malam hari.

"Menurut catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mulai pukul 21:00 hingga Ahad (18/2) pukul 05:00 WIB, sebanyak 21 ribu kendaraan melintasi GT Cikarang Utama, naik 41,5 persen dari lalu lintas normal," ujar AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang didapat Republika, Ahad (18/2).

Untuk keseluruhan lalu lintas pada Sabtu sekitar 66 ribu kendaraan telah kembali ke Jakarta melalui GT Cikarang Utama atau sekitar 56,9 persen. Ini merupakan data total kendaraan yang tercatat meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama sejak Jumat (16/2).

Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi Ahad (18/2) ini. Diperkirakan 92 ribu kendaraan akan melintasi GT Cikarang Utama atau meningkat 15 persen dari lalu lintas harian normal sebesar 79,8 ribu kendaraan.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan mereka dengan bai. Pengendara diminta selalu menjaga kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi. Pengendara juga perlu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement