Sabtu 17 Feb 2018 05:25 WIB

Harga Bitcoin Kembali Tembus 10 Ribu Dolar AS

Harga mata uang digital ini sempat terjun bebas hingga 70 persen.

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Bitcoin.
Foto: Reuters/Benoit Tessier
Bitcoin.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga Bitcoin kembali tembus di atas 10 ribu dolar AS untuk pertama setelah lebih dari dua pekan lesu seiring meningkatnya minat investor. Harga Bitcoin sempat terjun hingga 70 persen setelah mencapai harga tertinggi pada Desember 2017 lalu.

Bitcoin sempat mengalami sejumlah pemberitaan negatif akibat meningkatnya kabar pengetatan regulasi uang digital ini di berbagai negara. Juga kasus peretasan yang terjadi berulang. Kasus peretasan terbaru pada awal 2018 ini menyebabkan aset uang digital di bursa uang digital Tokyo, Coincheck, senilai 532,9 juta dolar AS (Rp 7.087 miliar) hilang.

Uang digital belakangan juga dikhawatirkan berdampak terhadap pasar keuangan dan menggoyang pandangan bahwa harga Bitcoin tidak punya kaitan dengan kelas aset lainnya.

Eksekutif Fundstrat Global Advisors, Thomas Lee, melihat catatan baru puncak harga Bitcoin pada Juli 2018 mendatang berdasarkan histori uang digital ini pada 2010 lalu. ''Meski sempat turun hingga 70 persen dari level harga tertingginya, pasar Bitcoin masih dalam kondisi bagus,'' kata Lee seperti dikutip Reuters, Jumat (16/2).

Berdasarkan data Bitstamp, harga Bitcoim naik menjadi 10.234 dolar AS. Harga Bitcoin pada akhir 2017 lalu meroket lebih dari 1.300 persen ke harga nyaris 20 ribu dolar AS.

Lee memprediksi, 2018 masih akan jadi tahun yang kuat bagi uang digital dan uang digital yang lebih besar dengan jaringan lebih stabil seperti Bitcoin dan Ethereum masih mendominasi.

Seiring pulihnya harga uang digital, anggota Dewan Eksekutif Bank Sentral Eropa Yves Mersch memperingatkan bahwa uang digital bukanlah mata uang, tapi aset spekulatif. Karena tak ada penerbit terpercaya di belakangnya, uang digital bisa jadi tak bernilai kapan saja sehingga tak mengherankan bila uang digital tak dianggap alat bayar di berbagai negara.

Kepala Analis Pasar Centtrip, Miles Eakers, menyatakan peningkatan harga Bitcoin berbarengan dengan pergerakan pasar modal global. Eakers menambahkan, bila sudah tembus 10 ribu dolar, harga Bitcoin berpotensi pula melewati harga 12 ribu.

Uang digital lain juga menunjukkan pemulihan. Ethereum naik 2,5 persen menjadi 933,24 dolar AS dan Ripple naik 5,3 persen menjadi 1,15 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement