Selasa 06 Feb 2018 20:38 WIB

BKF: Tren Pertumbuhan Konsumsi Terus Meningkat

Konsumsi rumah tangga tumbuh 4,95 persen pada 2017.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Nidia Zuraya
Pasar tradisional
Foto: Musiron
Pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menilai, saat ini tren pertumbuhan konsumsi rumah tangga terus meningkat. Meski sepanjang 2017 pertumbuhan konsumsi rumah tangga hanya sebesar 4,95 persen, ia menilai pertumbuhan konsumsi triwulanan menunjukkan tren positif.

"Kalau kami lihat kondisi konsumsi kemarin di kuartal IV ada peningkatan, kan pertumbuhannya 4,97 persen. Kami lihat ini secara tren mulai meningkat dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya. Pernah kita bahkan sempat di bawah 4,95 persen," ujar Suahasil di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/2).

Menurut Suahasil, pertumbuhan itu dipengaruhi oleh pertumbuhan investasi sebesar 7,1 persen, pertumbuhan ekspor 17 persen, dan pertumbuhan impor 15 persen pada kuartal III 2017. Faktor tersebut, kata Suahasil menandakan kegiatan ekonomi mulai bergulir.

"Kalau kegiatan ekonomi mulai berjalan, pasti ada sebagian dari proses kegiatan ekonomi itu akan menjadi pendapatan untuk pekerja. Pendapatan naik itu imbasnya konsumsi mulai naik," ujar Suahasil.

Suahasil berharap, kinerja investasi dan ekspor bisa terus membaik pada 2018 guna terus mendorong pertumbuhan konsumsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement