Sabtu 20 Jan 2018 13:00 WIB

Bagaimana Peringkat Utang AS Jika Pemerintahan Trump Tutup?

Senat AS berpacu untuk mencegah penutupan dengan meloloskan anggaran jangka pendek.

Presiden AS Donald Trump
Foto: Bloomberg
Presiden AS Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Fitch, salah satu dari tiga lembaga pemeringkat terkemuka dunia, mengatakan pada Jumat (19/1) bahwa peringkat utang teratas AAA untuk Amerika Serikat tidak akan terpengaruh secara langsung oleh kemungkinan penutupan pemerintahan federal.

Senat AS berpacu untuk mencegah penutupan pemerintahan pada Jumat (19/1) dengan meloloskan perpanjangan anggaran jangka pendek. Mick Mulvaney, Direktur Manajemen dan Anggaran Gedung Putih, mengatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan sebuah penutupan.

"Penutupan sebagian pemerintah federal telah terjadi di masa lalu dan penghentian ini tidak berdampak langsung pada peringkat utang 'AAA'/Stabil," kata Fitch dalam sebuah pernyataan.

Penutupan pemerintah telah terjadi 18 kali dalam sejarah, terakhir pada 2013. Disfungsi pemerintah yang paling terkenal terjadi pada 1995, dan penutupan selama sebulan merugikan ekonomi AS sebesar 1,4 miliar dolar AS.

"Implikasi utama untuk kelayakan kredit negara Amerika Serikat akan bergantung pada apakah hal tersebut diperkirakan menimbulkan destabilisasi lebih lanjut dari pembuatan kebijakan anggaran AS, atau menyerempet bahaya atas batas utang federal," kata Fitch.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement