Kamis 28 Dec 2017 15:10 WIB

Orang Kaya Makin Kaya Tahun Ini

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nur Aini
Bos Amazon, JEff Bezos
Foto: usatoday.com
Bos Amazon, JEff Bezos

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kekayaan orang terkaya di dunia pada tahun ini naik 1 triliun dolar AS. Hal itu meningkat empat kali dibandingkan keuntungan tahun lalu, karena pasar saham mengabaikan ekspansi ekonomi, sosial, dan politik untuk mencapai rekor tertinggi.

Terjadi kenaikan 23 persen pada peringkat harian 500 orang terkaya di dunia di Indeks Bloomberg Billionaires. Sedangkan untuk Indeks MSCI World dan Indeks Standard & Poor's 500 hanya naik sekitar 20 persen.

Pendiri Amazon.com Inc, Jeff Bezos dinilai mendapat keuntungan paling banyak pada 2017. Keuntungannya mencapai 34,2 miliar dolar AS.

Dengan angka itu, Bezos mengalahkan peringkat pendiri Microsoft Corp Bill Gates. Padahal Gates sudah menempati peringkat atas tersebut sejak Mei 2013 dan telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Termasuk janji sebesar 4,6 miliar dolar AS ke Yayasan Bill & Melinda Gates pada Agustus lalu.

Dilansir Bloomberg, Kamis, (28/12), kekayaan bersih Bezos mencapai 100 miliar dolar AS pada akhir November. Saat ini, kekayaan bersihnya sebesar 99,6 miliar dolar AS lebih tinggi dibandingkan Gates yang hanya 91,3 miliar dolar AS.

George Soros juga menyerahkan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Kantor keluarganya telah memberikan 18 miliar dolar AS ke Yayasan Masyarakat Terbuka selama beberapa tahun terakhir. Dengan begitu, peringkatnya jatuh ke nomor 195 dengan kekayaan senilai 8 miliar dolar AS.

Pada akhir perdagangan Selasa, (26/12), 500 miliarder menguasai 5,3 triliun dolar AS. Angka tersebut naik 4,4 triliun dolar AS dibandingkan 27 Desember 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement