Rabu 20 Dec 2017 13:33 WIB

Pertamina Pasarkan Bensin Pertamax Turbo Standar Euro 4

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar mengatakan Pertamina meluncurkan Pertamax Turbo, yaitu bensin dengan RON 98 namun dengan kualitas baru memakai standart euro 4. Iskandar mengatakan spesifikasi baru pertamax turbo ini kata Iskandar memiliki kandungan sulfur yang lebih rendah dan ramah lingkungan.

"Kami secara bertahap akan terus berusaha mencapai standar BBM kualitas Euro 4 sebagaimana yang telah diterapkan di negara Eropa. Pertamax Turbo memiliki kualitas tinggi dengan RON 98 dan kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million (ppm). Kandungan sulfur yang semakin rendah, maka dampak negatif dari emisi yang dihasilkan juga akan semakin rendah," kata Iskandar di SPBU Lenteng Agung, Rabu (20/12).

Iskandar mengatakan daya saing Pertamax Turbo meningkat dengan adanya spesifikasi baru menuju standar Euro 4. Sesuai dengan tuntutan era teknologi mesin dan aspek kepedulian Pertamina terhadap lingkungan yang lebih baik, tambah Iskandar.

Iskandar juga mengatakan spesifikasi baru Pertamax Turbo telah dibuktikan melalui uji emisi yang dilakukan oleh LAPI ITB yang mengindikasikan bahwa Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru ini dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx). Upaya Pertamina dalam memenuhi standar tersebut, serta meningkatkan kualitas udara di Indonesia dengan mengurangi emisi gas buang demi kesehatan masyarakat Indonesia.

Pertamax Turbo menjadi BBM andalan Pertamina. "Produk dengan spesifikasi terbaik yang saat ini hanya didistribusikan Pertamina di Indonesia," katanya.

Iskandar mengatakan Pertamina bertekad mempercepat penggunaan BBM berstandar internasional. Pertamina akan memperluas pasar Pertamax Turbo di sejumlah wilayah di Indonesia.

Saat ini, Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru dapat ditemukan secara bertahap pada SPBU di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat untuk selanjutnya juga akan dijual di seluruh Indonesia secara bertahap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement