Ahad 17 Dec 2017 01:02 WIB

Pertamina Salurkan Bantuan untuk Kemajuan Pendidikan

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gita Amanda
 Dalam rangka HUT ke-60, Pertamina kembali menggelar Pertamina Eco Run 2017 di Pantai Festival Ancol pada Sabtu (16/12).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Dalam rangka HUT ke-60, Pertamina kembali menggelar Pertamina Eco Run 2017 di Pantai Festival Ancol pada Sabtu (16/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam acara lomba lari Pertamina Eco Run 2017, PT Pertamina menyalurkan bantuan bagi kemajuan dunia pendidikan dan kegiatan pendorong ekonomi mandiri bagi masyarakat. Bantuan diserahkan di Pantai Festival Ancol, Jakarta, Sabtu (16/12).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito menjelaskan bantuan pendidikan senilai enam milyar rupiah itu diperuntukkan bagi pembanguan taman bacaan Pertamina. Bantuan tersebut disalurkan sebanyak 60 titik di daerah tertinggal dan kawasan Indonesia Timur. Di antaranya wilayah perbatasan Indonesia Malaysia Sebatik, Sebakung, dan lain-lain.

 

"Taman bacaan ini sengaja kami fokuskan mengingat jauhnya wilayah tersebut dari pusat kota, sehingga anak-anak di wilayah tersebut sulit menjangkau buku-buku yang bisa memperkaya pengetahuan dan informasi yang mereka," kata Adiatma dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (16/12).

 

Selain itu, Pertamina juga memberikan bantuan bagi Sentra Permberdayaan Tani (SPT) di wilayah Jawa dan Luar Jawa senilai lebih dari Rp 12 milyar. SPT difokuskan pada kegiatan pengembangan pertanian buah-buahan. Di antaranya seperti kelengkeng, buah naga, mangga dan Srikaya di wilayah Wonigiri, Grobogan dan Kendal.

 

"Bantuan pengembangan sektor pertanian di beberapa wilayah target, Pertamina juga akan memberikan pendampingan dan membuka akses pemasaran," lanjutnya.

 

Pertamina juga mendukung program bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendorong pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Program Rumah Kreatif BUMN (RKB). Pada program ini akan dilakukan pendampingan bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran dan kemudahkan akses Permodalan.

 

"RKB yang kami kembangkan untuk tahap kedua ada 15 lokasi dan Pertamina telah menyalurkan bantuan hampir Rp 6 Milyar. Para pelaku UKM akan mampu beradaptasi dengan era digital," ujarnya.

 

Lokasi yang menjadi target RKB Pertamina umumnya berada di wilayah operasi perusahaan di antaranya adalah Aceh Timur, Aceh Tamiang, Rejang Lebong, Purbalingga, Berau, Dumai, Seruyan, Tojo Una Una, Sumbawa Barat, Situbondo, Tanjung Jabung Barat, Luwu Utara dan Halmahera Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement