Jumat 15 Dec 2017 18:20 WIB

Buka Cabang di Pematang Siantar, BTN Bidik Pasar KPR

Rep: Issha Harruma/ Red: Nur Aini
Nasabah melintas di kantor Bank BTN, Jakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Nasabah melintas di kantor Bank BTN, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,PEMATANG SIANTAR -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meresmikan Kantor Cabang di Pematang Siantar, Sumut, Jumat (18/12). Kantor Cabang ini merupakan peningkatan status dari sebelumnya berupa Kantor Cabang Pembantu.

Direktur Bank BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, jangkauan Kantor Cabang Pematang Siantar ini meliputi kawasan Sumut bagian selatan dan membawahi jaringan kantor BTN di Sibolga, Rantau Prapat (Labuhanbatu) dan Kisaran (Asahan).

"Dengan resminya Kantor Cabang Pematang Siantar ini menambah jumlah Kantor Cabang Bank BTN di Sumut menjadi dua. Sebelumnya, Bank BTN hanya memiliki satu kantor cabang, yakni di Medan," kata Nixon, Jumat (15/12).

Nixon mengatakan, hadirnya kantor cabang ini juga diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi masyarakat di Pematang Siantar dan sekitarnya. Kehadiran kantor ini diharap dapat menjangkau masyarakat untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau dan mudah serta mendukung program pemerintah, Satu Juta Rumah.

"Kami berkomitmen penuh mendukung program Satu Juta Rumah. Perluasan jaringan kantor ini menjadi langkah Bank BTN untuk mempercepat pemberian KPR bagi masyarakat di seluruh Indonesia," ujar Nixon.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada akhir 2016, hanya 69,95 persen masyarakat di Sumut yang memiliki rumah sendiri atau sekitar 9,86 juta penduduk dari 14,1 juta orang. Sisanya, sebanyak 4,23 juta orang belum menempati rumah sendiri. BPS mencatat sisanya atau sebanyak 4,55 persen masyarakat Sumut masih menempati rumah dinas, 12,75 persen menyewa rumah, 12,34 persen bebas sewa, dan lainnya 0,4 persen.

Atas dasar inilah, Nixon mengatakan, potensi permintaan rumah di Pematang Siantar masih tinggi. Apalagi, dengan perkembangan infrastruktur yang semakin membaik, seperti hadirnya Bandara Silangit dan tol ruas Kualanamu-Sei Rampah, yang tentu kian meningkatkan perekonomian di kota transit tersebut.

"Selain potensi pertumbuhan ekonomi dari hadirnya Bandara Silangit dan tol Sei Rampah tersebut, kami melihat sektor perdagangan, perkebunan dan industri di Pematang Siantar terus bertumbuh sehingga meningkatkan angka kebutuhan rumah. Peresmian Kantor Cabang ini menjadi langkah strategis kami menggarap peluang pasar tersebut," kata Nixon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement