Selasa 28 Nov 2017 06:17 WIB

Akibat Erupsi Gunung Agung, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Rep: Mutia Ramadhani, Muhammad Nursyamsi/ Red: Elba Damhuri
Calon penumpang tertidur saat menunggu jadwal penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (27/11). Menurut PT Angkasa Pura II cabang Soekarno Hatta selaku pengelola bandara, terdaoat 111 penerbangan dari tujuh maskapai batal terbang ke Bandara Ngurahrai Bali dan dari sebaliknya dikarenakan adanya erupsi Gunung Agung di Bali.
Foto: Muhammad Iqbal/Antara
Calon penumpang tertidur saat menunggu jadwal penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (27/11). Menurut PT Angkasa Pura II cabang Soekarno Hatta selaku pengelola bandara, terdaoat 111 penerbangan dari tujuh maskapai batal terbang ke Bandara Ngurahrai Bali dan dari sebaliknya dikarenakan adanya erupsi Gunung Agung di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR – Letusan Gunung Agung tak hanya mengganggu dua bandara terdekat, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar dan Bandara Internasional Lombok di NTB. Sejumlah penerbangan dari bandara-bandara lain juga terdampak.

"Bandara (Internasional I Gusti Ngurah Rai) ditutup mulai 07.15 WITA hari ini hingga Selasa (28/11) pukul 07.00 WITA. Sekitar 445 penerbangan dibatalkan," kata Communication and Legal Section Head Bandara I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim, Senin (27/11).

Arie mengatakan, penutupan Bandara Ngurah Rai kemarin menyusul ditemukannya abu vulkanis di ruang udara penerbangan yang direspons dengan notice to airmen (notam) bernomor A4242/17.

Ia memerinci, penerbangan yang dibatalkan terdiri atas 196 rute internasional (97 kedatangan dan 99 keberangkatan), serta 249 rute domestik (124 kedatangan dan 125 keberangkatan). Sebanyak 59 ribu penumpang diperkirakan terdampak penutupan tersebut.

Otoritas penerbangan kemudian menyiagakan lima bandara alternatif, yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Posko terpadu juga disiagakan di bandara terbaik ketiga dunia 2016 ini.

Sebanyak 24 pesawat telah diapronkan dengan 23 pesawat ditempatkan di apron utara dan satu pesawat di apron selatan. Maskapai menutupi ceruk udara mesin pesawat dengan penutup khusus untuk mengurangi potensi masuknya abu vulkanis ke mesin.

Abu vulkanis biasanya mengandung material silika atau bahan kaca yang bisa meleleh jika masuk ke ruang pembakaran. Hal itu bisa menyebabkan efisiensi turbin berkurang dan aliran udara di turbin terhambat sehingga pesawat mengalami gagal mesin atau mati.

Gede Putra (35 tahun) sedianya berencana terbang dengan maskapai Lion Air ke Surabaya, kemarin. Warga Denpasar ini mendapatkan pemberitahuan penerbangannya dibatalkan karena aktivitas vulkanis Gunung Agung. "Saya terpaksa menggunakan bus melalui Terminal Ubung," katanya.

Bandara Internasional Lombok (LIA) kembali beroperasi setelah sempat ditutup pada Ahad (26/11) pukul 17.55 WITA hingga Senin (27/11) pukul 06.00 WITA. General Manager LIA I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, keputusan itu berdasarkan pantauan bahwa dalam jarak 10 kilometer dari bandara belum ditemukan abu vulkanis. Meski bandara kembali dibuka, maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia membatalkan seluruh penerbangan kemarin.

Communication and Legal Section Head Bandara Adisutjipto Yogyakarta Liza Anindya Rahmadiani mengatakan, berdasarkan data hingga Senin pagi, total terdapat delapan penerbangan yang dibatalkan. “Penerbangan itu terdiri atas lima flight dari Denpasar menuju Yogyakarta dan tiga flight dari Yogyakarta menuju Denpasar,” kata Liza.

Di Bandara Adi Soemarmo, enam maskapai terpaksa menunda penerbangan. “Dua keberangkatan dan empat kedatangan,” tutur Humas Bandara Internasional Adi Soemarmo Dian Ratih Restauri, Senin. Akibatnya, keberangkatan sebanyak 380 calon penumpang dari Denpasar maupun Lombok menuju Solo dan 323 penumpang dari Solo menuju Denpasar terpaksa ditunda.

Penumpang yang gagal berangkat akibat pembatalan penerbangan juga menumpuk di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo mengatakan, setidaknya ada 111 penerbangan dari dan ke Denpasar-Lombok yang dibatalkan pada Ahad malam, sedangkan kemarin pagi ada 50 penerbangan yang dibatalkan.

(Eric Iskandarsjah/Andrian Saputra/Singgih Wiryono, Pengolah: Fitriyan Zamzami).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement