Selasa 14 Nov 2017 10:43 WIB

WTO: Perdagangan Global akan Tumbuh Moderat

Ekspor-impor (ilustrasi)
Ekspor-impor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Indikator Prospek Perdagangan Dunia (World Trade Outlook Indicator) terbaru menunjukkan bahwa pertumbuhan perdagangan barang dagangan global kemungkinan akan moderat pada kuartal keempat 2017, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), mengatakan pada Senin (13/11).

Angka indeks terbaru sebesar 102,2 sedikit lebih rendah dari yang dikeluarkan pada Agustus, yang menunjukkan pemulihan perdagangan yang berkelanjutan di kuartal kedua dan ketiga, kata WTO dalam sebuah pernyataannya.

Angka indeks 100 mengindikasikan pertumbuhan sejalan dengan tren jangka menengah, pembacaan lebih besar dari 100 menunjukkan pertumbuhan di atas tren, sementara yang di bawah 100 menunjukkan kebalikannya.

Pesanan-pesanan ekspor global tetap berada di atas tren namun baru-baru ini berbalik turun, menunjukkan bahwa pertumbuhan perdagangan akan moderat namun tetap cukup kuat dalam beberapa bulan mendatang, kata WTO.

Indeks untuk pengiriman udara dan pengapalan kontainer internasional telah kehilangan momentum kenaikan, yang mengarah pada perlambatan pertumbuhan perdagangan, sementara produksi dan penjualan mobil menunjukkan tanda-tanda telah mencapai titik terendah, yang dapat mengindikasikan penguatan kepercayaan konsumen, tambahnya.

WTO mengatakan indikator prospek tidak dimaksudkan sebagai perkiraan jangka pendek, meskipun memberikan indikasi pertumbuhan perdagangan dalam waktu dekat. Kontribusi utamanya adalah mengidentifikasi titik balik dan momentum pengukur dalam pertumbuhan perdagangan global.

Dikatakan indikator tersebut melengkapi statistik dan prakiraan perdagangan dari WTO serta organisasi-organisasi internasional lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement