Jumat 13 Oct 2017 20:52 WIB

Kopi Indonesia Ini Harganya Rp 60 Juta per Kg

Proses pengeringan biji kopi Luwak di Bali Pulina
Foto: Republika/Hazliansyah
Proses pengeringan biji kopi Luwak di Bali Pulina

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ada jenis kopi Indonesia yang harga satu kilogramnya bisa puluhan juta rupiah. Pembina Asosiasi Coffee Specialty Indonesia, Setra Yuhana, mengatakan kopi termahal di Indonesia dihasilkan di Pulau Bali, yakni kopi luwak Hutan Bercinta yang harga jualnya menembus Rp 60 juta per kg.

Harga kopi luwak asal Bali sebesar itu, kata Setra, sekitar setahun lalu. Pada tahun ini harganya tentu sudah berubah, bisa jauh lebih mahal lagi.

Di sela Pelatihan Kewirausahaan Kopi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Setra mengatakan kopi luwak tersebut dihasilkan luwak yang sedang kawin. "Jadi ada kopi luwak biasa yang dikandangkan, lalu kopi luwak hutan, dan yang ketiga kopi luwak bercinta," kata dia, Jumat (13/10).

Menurut dia, saat sepasang luwak jantan dan betina kawin maka dia bisa mengeluarkan aroma wangi hingga radius 100 meter. Saat mereka kawin dan mengeluarkan aroma wangi itu maka dia makan biji kopinya lalu dikeluarkan dan lain itu rasanya.

Setra mengatakan jenis kopi ini diminati oleh kalangan terbatas, yakni dari kalangan ekonomi atas. Akan tetapi, lanjut dia, hingga saat ini jenis kopi paling mahal di dunia adalah yang berasal dari Brasil.

"Kita peringat ketiga sebagai produsen kopi terbesar dunia. Pertama Brasil, kedua Vietnam. Dari sisi kualitas kita masuk jajaran atas, cuma kita baru mengembangkan kopi specialty-nya sedangkan mereka sudah lebih dulu," kata Setra.

Ia menuturkan harga jual kopi Indonesia saat ini masih murah dibanding dengan luar negeri. Pasalnya, meski menduduki posisi ketiga sebagai produsen kopi terbesar dunia, namun dalam dunia kopi, Indonesia masih terbilang baru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement