Jumat 13 Oct 2017 04:25 WIB

Ini Daftar Kota Paling Aman 2017, Bagaimana dengan Jakarta?

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Budi Raharjo
Kota Tokyo
Foto: pixabay
Kota Tokyo

REPUBLIKA.CO.ID,The Economist Intelligence Unit mengumumkan Indeks Kota Aman 2017. Laporan tersebut membuat peringkat pada 60 kota besar dengan mempertimbangkan faktor keamanan mulai dari tingkat kriminalitas, keamanan di jalan raya, hingga kualitas layanan kesehatan.

Ibu Kota Jepang Tokyo kembali menempati peringkat pertama daftar tersebut dengan total skor 89,8. Singapura dan Osaka mengikuti di peringkat kedua dan ketiga. Tak ada perubahan pada posisi tiga besar dengan indeks yang diluncurkan pada 2015.

Beberapa perubahan posisi terjadi peringkat selanjutnya. Stockholm yang berada di peringkat keempat pada 2015 harus turun ke peringkat kedelapan. Sementara, Amsterdam turun satu peringkat ke posisi keenam. Zurich turun dari peringkat ketujuh menjadi kesepuluh dan New York terjun bebas dari peringkat kesepuluh menjadi peringkat ke-21.

Beberapa kota yang mengalami peningkatan peringkat adalah Toronto (dari kedelapan menjadi keempat), Melbourne (dari kesembilan menjadi kelima), dan Hong Kong (dari kesebelas menjadi kesembilan).

Lantas, di manakah Jakarta? Ternyata, Ibu Kota Indonesia itu termasuk dalam kota dengan tingkat keamanan yang rendah. Kota yang memiliki peringkat paling rendah adalah Karachi, lalu diikuti Yangon, Dhaka, Jakarta, dan Ho Chi Minh City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement