Sabtu 30 Sep 2017 19:03 WIB

KLHK Pantau Pengendalian Limbah Pabrik APP di Karawang

Rep: Amri Amrullah/ Red: Citra Listya Rini
Asia Pulp & Paper (APP)
Foto: vimeo.com
Asia Pulp & Paper (APP)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG  —  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK) Direktorat Pengendalian Pencemaran Air dan Water Environmental Partnership in Asia (WEPA) berkunjung ke Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di Karawang, Pindo Deli Pulp & Paper Mills II Karawang. 

Kedatangan ini untuk melihat instalasi pengelolaan air limbah. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan 13th Annual Meeting of Water Environment Partnership in Asia.

“Kami menyambut baik kunjungan ini, hal ini memperlihatkan upaya kami yang berkelanjutan dalam menjaga lingkungan sekitar kawasan industri,“ kata Kepala Pabrik di Pindo Deli Kerawang Hendri Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/9).

Kunjungan dari WEPA tahun 2017 ini merupakan bagian rangkaian acara yang berlangsung selama tiga hari (26-28 September). Acara ini dilaksanakan selama tiga hari. 

Kasubdit Inventarisasi dan Alokasi Beban Pencemaran Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Budi Kurniawan menekankan pentingnya pertemuan tahunan WEPA ini. Sebab, pertemuan ini sebagai ajang saling berbagi pengetahuan antar delegasi, baik dari segi kebijakan, regulasi, teknis, pemantauan, maupun inspeksi. 

Budi juga memaparkan alasan mengapa pihaknya memilih Pindo Deli sebagai tujuan site visit. "Kami ingin menampilkan bahwa Indonesia juga memiliki industri dengan manajemen limbahnya baik. Untuk itu kami memilih Pindo Deli (sebagai tujuan site visit)," ujar Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement