Sabtu 02 Sep 2017 13:52 WIB

Induk Usaha Google Dirikan Perusahaan Holding Baru

Alphabet dan anak perusahaannya.
Foto: CNN Money
Alphabet dan anak perusahaannya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perusahaan induk Google, Alphabet Inc, telah membentuk perusahaan holding baru bernama XXVI Holdings Inc. Keberadaan perusahaan holding baru ini untuk mengelola bisnis lainnya, menurut sebuah laporan Bloomberg, Jumat (1/9). 

Anak perusahaan yang dibentuk ini berdasarkan struktur usaha Alphabet sekitar dua tahun yang lalu. Perusahaan induk baru ini disebut XXVI.

Namun sebelum Alphabet membentuk XXVI pada hari Jumat (1/9), lini bisnis lainnya yang dijalankan Alphabet  masih secara teknis menjadi anak perusahaan Google. Google selama ini memiliki sejumlah anak usaha yang bergerak di berbagai lini bisnis, seperti Waymo (perusahaan yang fokus pada pengembangan teknologi mobil swakemudi), Verily (perusahaan yang fokus pada pengobatan dan kesehatan berbasis teknologi), dan X (perusahaan yang fokus pada pengembangan produk teknologi masa depan). 

XXVI memang dibentuk untuk menyelesaikan transformasi dari Google menjadi Alphabet. Juru bicara Alphabet mengatakan kepada Bloomberg bahwa perubahan tersebut adalah perusahaan legal yang tidak akan mempengaruhi kontrol pemegang saham tertinggi atau operasi perusahaan.

Sementara juru bicara Google tidak segera bersedia memberikan komentar.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement