Rabu 09 Aug 2017 17:08 WIB

Jalan Tol Lampung Ditargetkan Rampung Sebelum Asian Games

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Qommarria Rostanti
 Pekerja menyelesaikan proyek pengerjaan jalan tol lintas Sumatera di Kawasan Bakauheni, Lampung, Sumatera Selatan, Senin (5/6).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pekerja menyelesaikan proyek pengerjaan jalan tol lintas Sumatera di Kawasan Bakauheni, Lampung, Sumatera Selatan, Senin (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Provinsi Lampung direncanakan akan rampung sebelum pelaksanaan ajang olahraga Asian Games 2018. Saat ini kondisi JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar rentang 0-38 KM sudah selesai 85 persen.

“Optimistis jalan tol Lampung selesai sebelum Asian Games 2018,” kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan JTTS Provinsi Lampung, Adeham, usai meninjau jalan tol ruas Bakauheni, Rabu (9/8).

Menurut dia, proyek penyelesaikan jalan tol ruas Lampung akan selesai pada Juni 2018 sehingga bisa dipakai untuk lalu lintas ajang Asian Games 2018 di Palembang, Sumatra Selatan.

Adeham yang juga asisten Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Lampung ini yakin pembangunan jalan tol ruas 0-38 KM akan selesai tepat waktu. Menurut dia, meski masih menghadapi masalah pelunasan ganti rugi tanah dana lahan yang belum selesai, proses pembangunan jalan tol tetap berjalan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) I Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Syahrial R Pahlevi, saat meninjau jalan tol di Lampung mengatakan, penyelesaian masalah ganti rugi dapat segera diatasi dengan tepat waktu.

Menurut dia, ada dua desa yang akan diselesaikan pembayaran ganti ruginya dan saat ini masih dalam proses musyawarah dan validasi. Tahapan pembebasan lahan warga yang dilintasi proyek jalan tol akan berlangsung hingga Desember 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement