Rabu 26 Jul 2017 13:01 WIB

Harga Cabai Merah di Tingkat Petani Terus Naik

Petani Cabai (ilustrasi)
Foto: informasi-budidaya.blogspot.com
Petani Cabai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Harga cabai keriting merah di tingkat petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dalam beberapa hari terakhir berangsur naik. Petani cabai di Kelurahan Madureso, Mat Isroi menyebutkan saat ini harga cabai keriting merah Rp 15 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 12 ribu per kilogram.

"Baru saja ada pedagang yang datang ke ladang, dia berani membeli Rp 15 ribu per kilogram," katanya di Temanggung, Rabu (26/7).

Ia menuturkan dibanding pekan lalu harga cabai keriting merah cenderung bergerak naik, dari Rp 8.000 per kilogram, kemudian naik menjadi Rp 12 ribu per kilogram, dan sekarang Rp 15 ribu per kilogram. Ia mengatakan saat ini memiliki tanaman cabai keriting sebanyak 2.000 pohon pada petik kelima kemarin menghasilkan 22,5 kilogram. Petik dilakukan empat hari sekali dan cabai keriting bisa petik sampai 20 kali.

Menurut dia harga cabai memang tidak menentu, kadang tinggi, namun tiba-tiba bisa anjlok. "Harga Rp 15 ribu per kilogram bagi kami sudah bisa menutup ongkos produksi, kami berharap harganya bisa naik lagi sehingga bisa mendapatkan untung lumayan," katanya.

Ia menyampaikan kondisi tanaman cabai saat ini relatif bagus, karena curah hujan sudah berkurang. Petani yang lain Badriyah mengatakan harga cabai setelah Lebaran lalu cenderung turun, namun dalam beberapa hari ini harga mulai naik.

"Mudah-mudahan harga bisa tinggi lagi seperti sebelum Lebaran lalu," katanya. Ia menuturkan untuk harga cabai rawit merah di tingkat petani saat ini relatif stabil Rp 22 ribu per kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement