Senin 10 Jul 2017 17:30 WIB

BSM Kucurkan Pembiayaan Rp 500 Miliar untuk FIF

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Bank Syariah Mandiri (BSM/ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Bank Syariah Mandiri (BSM/ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Mandiri (BSM) memberikan penambahan fasilitas pembiayaan modal kerja sebesar Rp500 miliar dengan PT Federal International Finance (FIF).

Pembiayaan antara BSM dan FIF ini menggunakan akad mudharabah line facility dengan tenor maksimal tiga tahun. FIF akan menggunakan pembiayaan ini untuk modal kerja pembiayaan sepeda motor baru dan bekas merk Honda berbasis syariah melalui brand AMITRA.

Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi mengatakan penambahan pembiayaan dilakukan karena tingginya potensi pembiayaan kendaraan roda dua di FIF.

"Sebelumnya BSM juga telah membiayai FIF sebesar Rp500 miliar. Alhamdulillah kerja sama ini sangat baik dan menguntungkan kedua pihak," ujar Kusman Yandi dalam acara penandatanganan akad pembiayaan antara FIF dengan BSM di Jakarta, Senin (10/7).

Dari kerja sama ini, selain modal kerja, kata Yandi, BSM berharap bisa masuk ke pembiayaan segmen ritel. Adapun pembiayaan segmen ritel yang dibidik yaitu pembiayaan untuk para karyawan FIF. "Karyawan FIF dan lebih jauh Group ASTRA bisa menggunakan jasa dan layanan perbankan syariah dari BSM seperti gadai dan cicil emas dan lain-lain,’’ kata Yandi.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur FIF, Margono Tanuwijaya mengakui, perusahaannya memang sedang menaruh perhatian khusus pada pengembangan bisnis berbasis syariah. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, FIF kemudian mengembangkan serta memperkuat pembiayaan berbasis syariah yang dimilikinya. "Hal ini juga selaras dengan himbauan OJK mengenai pengembangan pembiayaan syariah guna meningkatkan potensi niche market syariah di Indonesia,” kata Margono.

Direktur Keuangan FIF, Hendry Christian Wong juga menambahkan, kerja sama dengan BSM didasari oleh kesamaan misi untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. “FIF merasa nyaman bekerja sama dengan BSM dan kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

FIF merupakan anak perusahaan ASTRA yang bergerak di bidang pembiayaan dengan empat brand ternama, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA. Sampai saat ini, FIFG memiliki 194 kantor cabang dan 416 point of services yang bekerja sama dengan 1.700 dealer sepeda motor Honda.

Bank Syariah Mandiri merupakan anak dari Bank Mandiri, dengan 765 jumlah outlet di seluruh Indonesia. Hingga Juni 2017 aset BSM telah mencapai Rp 81 triliun dan sampai saat ini merupakan satu-satunya bank syariah buku III.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement