Sabtu 01 Jul 2017 16:08 WIB

Puncak Arus Balik, 110 Ribu Mobil Lewati Gerbang Tol Cikarut

Rep: Umar Muchtar/ Red: Budi Raharjo
Kendaraan mengantre bayar tol di gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi.
Foto: ROL
Kendaraan mengantre bayar tol di gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 106 ribu kendaraan pada Jumat (30/6) atau H+4 Lebaran, telah memasuki Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut). Jumlah tersebut meningkat 35,36 persen dibanding total lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR) normal sebanyak 78 ribu kendaraan.

Jasa Marga memprediksi bahwa pada hari ini, Sabtu (01/7), sebagai puncak arus balik lebaran 2017, dan diperkirakan 110 ribu kendaraan akan menuju Jakarta melalui GT Cikarut.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso menuturkan pihaknya telah menyiapkan strategi untuk menyambut peningkatan volume arus balik, khususnya arus kendaraan yang akan melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu melalui peningkatan kapasitas GT Cikarut dengan mengoperasikan 31 gardu tol arah Jakarta.

"Kami imbau pengguna jalan tol untuk dapat memastikan kecukupan perbekalan dan BBM, untuk mengantisipasi, mengingat sewaktu-waktu jika terjadi kepadatan akibat rest area tertentu di ruas tol yang kami kelola, maka kami akan menutup rest area tersebut, hingga kepadatan mencair," ujar dia dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (1/7).

Selain itu, lanjut Dwimawan, Jasa Marga juga berkoordinasi dengan Kepolisian untuk mengurai kepadatan melalui penerapan contraflow pada titik-titik rawan kepadatan serta penutupan Tempat Istirahat/Pelayanan (TIP) yang rawan menyebabkan antrian kendaraan.

Untuk mengurangi antrian transaksi di gerbang, Jasa Marga juga memberikan diskon senilai 20 persen bagi pengguna uang elektronik saat arus balik, mulai dari H+4 (30/6) sampai dengan H+6 (2/7). Diskon tersebut berlaku di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga. Pembayaran tol dengan uang elektronik praktis, cepat dan mudah.

Menghadapi musim balik Lebaran 2017, Jasa Marga terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk pengguna jalan tol. Kami menyediakan layanan informasi real time, yang dapat diakses melalui Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080. (Umar

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement