Jumat 30 Jun 2017 13:45 WIB

Mendag Janjikan Harga Cabai di Kalsel Segera Turun Akhir Pekan Ini

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Cabai merah dan rawit di pasaran
Foto: Koran Jakarta
Cabai merah dan rawit di pasaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjanjikan harga cabai di Kotabaru, Kalimantan Selatan akan segera turun mulai akhir pekan ini.

Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan pada Jumat (30/6), Enggar mengatakan, harga cabai tiung (cabai rawit lokal) di Kotabaru, Kalimantan Selatan berada di kisaran harga Rp 60 ribu per kilogram. Adapun cabai merah berkisar Rp 30 ribu-35 ribu per kilogram.

"Hari Minggu dipastikan akan turun karena pasokan dari Sulawesi masuk," tuturnya, pada Republika, Jumat (30/6).

Sebelumnya, pada Kamis (29/6) lalu, seorang pedagang​ di Pasar Subuh, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menyebut harga cabai rawit merah sempat menyentuh angka Rp 100 ribu per kilogram. Namun, Mendag membantah adanya lonjakan harga yang tinggi pada komoditas tersebut.

Ia mengatakan, jika ada pedagang di satu pasar menyebut harga melonjak hingga Rp 100 ribu per kilogram, maka angka itu tak bisa menjadi patokan harga di provinsi tersebut. Sebab, berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan di hari yang sama di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, harga cabai rawit merah terpantau berada di kisaran Rp 60 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp 32.500 per kilogram dan cabai merah keriting Rp 35 ribu per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement