Senin 26 Jun 2017 13:52 WIB

381 Penerbangan Delay di Bandara Soekarno-Hatta

Rep: Novita Intan/ Red: Bilal Ramadhan
Ratusan calon penumpang mengantre untuk lapor diri di Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Ratusan calon penumpang mengantre untuk lapor diri di Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah penerbangan mengalami keterlambatan atau delay selama masa mudik lebaran di Bandara Soekarno Hatta. Berdasarkan data dari Posko Angkutan Lebaran 2017 di Bandara Soekarno Hatta, ada ratusan delay jadwal keberangkatan pesawat sejumlah maskapai penerbangan domestik.

Jumlah delay untuk 10 maskapai penerbangan domestik pada kurun waktu mulai dari H-7 (18/6) sampai H-4 (21/6) sebanyak 381 penerbangan. Maskapai yang dimaksud adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, NAM Air, Indonesia Air Asia Extra, Indonesia Air Asia, Kalstar, dan Trigana Air.

Adapun delay terbanyak terjadi untuk keterlambatan 30-60 menit, yakni sebanyak 239 jadwal penerbangan. Disusul dengan 113 penerbangan yang mengalami delay selama 61-120 menit atau dua jam.

Ada juga sejumlah penerbangan dengan range delay lebih lama lagi, yakni 23 jadwal penerbangan untuk delay 121-180 menit, dan masing-masing tiga jadwal penerbangan yang mengalami delay 181-240 menit serta di atas 240 menit.

Pada data yang sama turut disertakan on time performance (OTP) tiap maskapai yang mengukur tingkat ketepatan waktu layanan dalam hal jadwal penerbangan. Dalam aturan tersebut, ada kompensasi paling ringan berupa makanan kecil untuk delay yang tidak terlalu lama hingga pengembalian uang tiket (refund) untuk delay di atas empat jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement