Jumat 23 Jun 2017 05:51 WIB

Fintech UangTeman Ekspansi ke Balikpapan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Fintech (ilustrasi)
Foto: flicker.com
Fintech (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Perusahaan layanan pinjaman berbasis teknologi (financial technology/fintech) UangTeman membidik penyaluran pembiyaaan sebesar Rp 5 miliar di Kota Balikpapan. Untuk itu perusahaan berekspansi ke kota di Kalimantan Timur ini.

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto mengatakan, langkah ekspansi ke Kalimantan adalah bagian dari visi UangTeman untuk membantu para pelaku UKM yang selama ini selalu dipersulit untuk memperoleh pembiayaan dari perbankan maupun lembaga keuangan konvensional lainnya. Perusahan siap menjangkau lebih dari 700 ribu jiwa di Balikpapan, atau sekitar 22 persen dari keseluruhan penduduk di Kaltim.

"Dengan proses di UangTeman serba online, tanpa tatap muka dan tanpa jaminan, kami optimistis dapat menjadi solusi tepat bagi masyarakat di sini yang ingin maju secara ekonomi khususnya para pelaku UKM,” ujar Aidil di Balikpapan, Kamis (22/6).

Rio menerangkan, Balikpapan yang dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mampu berubah menjadi kota yang produktif dengan semakin banyaknya para pelaku UKM di wilayah ini. Dengan kehadiran UangTeman ia berharap dapat membantu permodalan di kota tersebut.

Head of Public and Government Relations, Rimba Laut menjelaskan, hingga akhir tahun 2017 UangTeman dapat menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 5 miliar di Kota Balikpapan.

"Jumlah itu merupakan target kontribusi sebesar lima persen dari total yang akan disalurkan oleh UangTeman sepanjang tahun ini secara nasional, yakni Rp 100 miliar," ungkap Rimba.

Dari hasil sensus ekonomi tahun 2016, lanjut Rimba, sektor UKM di Kaltim mencapai 96,81 persen dari jumlah usaha di Bumi Etam dan terdapat 313 ribu usaha di provinsi ini. Kendati begitu, Kota Balikpapan merupakan kabupaten/kota dengan pertumbuhan terendah, yakni 15 persen.

"Kendala terbesar adalah permodalan dan UangTeman siap memberikan solusi tepat karena UKM memiliki peran yang besar, salah satunya mampu mendatangkan pendapatan asli daerah,” kata Rimba.

Khusus pembukaan akses layanan di Balikpapan, dia menyatakan, UangTeman memberikan diskon biaya layanan sebesar 50 persen hingga 30 Juni 2017. Pemohon pinjaman di website dan aplikasi UangTeman, jelasnya, tinggal menuliskan kode promo setelah menentukan sendiri berapa besar jumlah pinjaman maupun durasi pengembaliannya dengan nama BLPMEDIA kemudian tekan tombol cek untuk secara otomatis memperoleh diskon tersebut.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement