Ahad 11 Jun 2017 12:45 WIB

Kementan Buka Toko Tani di Lokasi Car Free Day Jakarta

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Pengunjung sedang berbelanja saat dibuka Toko Tani Indonesia (TTI) di Jakarta, Senin (6\2).
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pengunjung sedang berbelanja saat dibuka Toko Tani Indonesia (TTI) di Jakarta, Senin (6\2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bazar pangan murah yang digelar Toko Tani Indonesia (TTI) dipadati pengunjung pada Ahad (11/6), di Kawasan Sarinah Thamrin Jakarta Pusat. Bazar tersebut digelar saat Car Free Day (CFD).

"Luar biasa. Kami tidak menyangka animo warga Jakarta sangat antusias berbelanja di TTI pagi ini. Belum kami buka saja mereka sudah antre berdesakan seperti ini," kata Kepala Pusat Distribusi Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Riwantoro, Ahad.

Dalam keterangannya kepada pers, Riwantoro menjelaskan, bahwa tujuan TTI Kementerian Pertanian ikut hadir di berbagai bazar, selain memudahkan warga mendapatkan pangan murah berkualitas, juga untuk berkontribusi menstabilkan harga pangan, khususnya menjelang puasa sampai Lebaran Idul Fitri nanti.  "Alhamdullilah. Dalam bulan Ramadhan ini, harga pangan relatif stabil tidak bergejolak seperti bulan puasa tahun-tahun lalu, sehingga warga bisa memenuhi kebutuhan pangannya dengan mudah dan murah," ujarnya.

Harga pangan yang dijual TTI memang lebih murah dibanding yang dijual di pasaran. Beberapa komoditas yang dijual adalah beras dengan harga Rp 7.900 per kg, bawang merah besar Rp 22 ribu per kg, bawang merah Brebes Rp 25 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 25 ribu per kg, bawang putih Rp 25 ribu per kg, gula pasir Rp 12.500 per kg, dan daging sapi beku Rp 75 ribu per kg.

Menurut Riwantoro, yang menikmati dan senang dengan kehadiran TTI tidak hanya warga yang berbelanja dengan harga murah, tetapi para petani pun merasa senang. Sebab, adanya jaminan pemasaran dan harga penjualan yang menguntungkan.

Sejak memasuki awal Ramadhan hingga menjelang Lebaran Idul Fitri 2017, TTI hadir melakukan bazar di berbagai lokasi, terutama di wilayah permukiman warga dan berbagai kegiatan lainnya. Kehadiran TTI ini pun diterima warga dengan senang. "Berolahraga sambil berbelanja seru juga rasanya. Yah... mumpung ada bazar pangan murah lumayan juga untuk berhemat," kata Ruli sambil menenteng kemasan beras TTI 5 kg.

Sedangkan Ema dari Cisauk Tangerang yang hadir di CFD mengharapkan TTI agar lebih sering mengadakan bazar.

"Saya sangat senang adanya bazar ini. Kami sebagai warga berharap bazar pangan murah seperti ini lebih sering diadakan, karena manfaatnya sangat dirasakan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement