Kamis 08 Jun 2017 02:35 WIB

LPDB Salurkan Dana ke 4.270 Mitra

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Budi Raharjo
Uang pinjaman (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Uang pinjaman (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur LPDB Kemas Danial mengatakan pihaknya telah menyalurkan pinjaman kepada 4.270 mitranya sebesar Rp 8,19 triliun pada periode 2008-2017. Sementara untuk tahun ini, total dana bergulir yang akan disalurkan sebesar Rp 1,5 triliun.

"Dari jumlah tersebut Rp 600 miliar dialokasikan untuk pinjaman syariah, sedangkan Rp 900 miliar untuk sektor riil," katanya melalui siaran resmi, Rabu (7/6).

Kemas mengatakan, bantuan perkuatan modal melalui dana bergulir diharapkan dapat menumbuhkan iklim usaha yang positif di kalangan KUMKM. Selain terus menggenjot penyerapan dana LPDB, pihaknya juga merangkul Kejaksaan Tinggi berbagai daerah dalam menangani wanprestasi.

Sedikitnya Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB telah melakukan tanda tangan kerja sama dengan delapan Kejati, terbaru adalah Kejati Kalimantan Timur. Untuk Kaltim sendiri, kata dia, pihaknya telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 183,9 miliar kepada 31 mitra di provinsi itu.

"Nah ini peran LPDB untuk bantu pelaku KUMKM di Kaltim. Bapak-ibu dari kejaksaan ini juga bisa mengakses kepada kami, asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku," ujar Kemas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement