Sabtu 27 May 2017 09:52 WIB

PepsiCo Ajukan Tawaran Akuisisi Vita Coco

Rep: melisa riska putri/ Red: Budi Raharjo
Pepsi (ilustrasi)
Foto: wikimedia commons
Pepsi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Produsen minuman ringan PepsiCo Inc sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi All Market Inc, pemilik merek air kelapa Vita Coco. Vita Coco memiliki investor selebriti termasuk Madonna dan Matthew McConaughey.

Akuisisi ini akan membantu PepsiCo mendiversifikasi penawarannya karena bergulat dengan penjualan yang stagnan di tengah pergeseran selera konsumen dari minuman bergula dan makanan ringan ke pilihan yang lebih sehat.

PepsiCo yang berbasis di New York telah menawarkan kurang dari 1 miliar dolar AS, seperti ditulis reuters. Pemilik All Market pun telah berusaha menjual perusahaan tersebut, namun tidak ada kepastian bahwa negosiasi akan menghasilkan sebuah kesepakatan.

Didirikan pada 2004 oleh dua teman masa kecil di New York, Vita Coco kini memiliki penjualan di 30 negara dan merupakan pemimpin global dalam air kelapa. Menurut data tracker Euromonitor International, Vita Coco menguasai pangsa pasar 26 persen senilai 2,5 miliar dolar AS.

Diekstraksi dari air kelapa muda hijau, air kelapa sekarang menempati posisi utama di lemari pendingin di Amerika Utara dan Eropa.

Verlinvest, kantor salah satu keluarga Belgia terkait bir Anheuser Busch InBev mengambil saham di All Market pada 2007. Penyanyi Madonna dan aktor McConaughey dan Demi Moore termasuk di antara investor lain di perusahaan tersebut.

Pada 2014, All Market menjual 25 persen saham ke TC Pharma yanga dalah pemilik Red Bull Cina. Kesepakatan itu menilai All Market dengan harga 665 juta dolar AS.

Sebagai bagian dari program prakarsa yang sehat, Pepsi mengumumkan akhir tahun lalu bahwa pihaknya memiliki produk nutrisi sehari-hari termasuk biji-bijian, susu dan hidrasi melebihi produk-produknya pada 2025.

PepsiCo yang juga memiliki oatmeal Quaker Oats, chip Frito-Lay, minuman energi Gatorade dan jus jeruk Tropicana telah mencari akuisisi untuk meningkatkan penawaran yang lebih sehat sebelumnya.

Akuisisi terakhirnya di sektor minuman sehat adalah produsen minuman probiotik KeVita Inc yang disepakati untuk dibeli tahun lalu. Pada Januari, pesaing PepsiCo Dr Pepper Snapple Group Inc memperoleh produsen minuman antioksidan Bai Brands LLC seharga 1,7 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement