Rabu 24 May 2017 15:17 WIB

Wapres Apresiasi Perusahaan Pemenang Penghargaan CSR

R Artsanti Alif, head of social investment & corporate communication Japfa saat bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla.
Foto: istimewa
R Artsanti Alif, head of social investment & corporate communication Japfa saat bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil  Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi kepada perusahaan pemenang TOP CSR Awards. Menurutnya, perusahaan pemenang TOP CSR Awards tidak melakukan kegiatan tanggung jawab sosial semata. Akan tetapi juga turut serta dalam menjawab permasalahan dan isu sosial di sekitar lokasi usaha. 

"Saya berterima kasih kepada perusahaan pemenang TOP CSR awards karena turut serta berkontribusi untuk menyelesaikan masalah sosial," ujar Jusuf Kalla saat menerima kunjungan dari para pemenang TOP CSR Awards.

Apreasiasi tersebut diberikan Kalla kepada para pemenang TOP CSR awards yang berkontribusi dalam berbagai program sosial. Salah satu di antara perusahaan tersebut adalah PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dengan program promosi konsumsi makanan bergizi dan perilaku hidup sehat kepada anak-anak usia sekolah dasar melalui program Japfa4Kids.  

"Japfa sejak 2008 berkomitmen untuk mendorong konsumsi makanan bergizi dan perilaku hidup sehat dengan target sasaran anak usia sekolah dasar di daerah pedesaan," ujar R Artsanti Alif, head of social investment & corporate communication Japfa dalam keterangannya, Rabu (24/5).

Setiap tahun, kata dia, Japfa terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan untuk mendorong program investasi sosial yang berkesinambungan.

Pakar CSR yang juga ketua juri TOP CSR Awards, Mas Ahmad Daniri mengatakan, pendekatan berkesinambungan merupakan salah satu kunci keberhasilan CSR. Pendekatan tersebut memungkinkan berbagai inovasi program CSR dapat terus berlangsung pascaintervensi yang dilakukan oleh perusahaan. 

"Selain kesinambungan, faktor lainnya yang penting adalah sinergi antara program CSR dengan visi misi dan business objective perusahaan. Faktor ini akan membuat program CSR tidak hanya dianggap sebagai cost center, tetapi juga mendukung tujuan bisnis," ujar dia.

Menurutnya, CSR adalah program yang unik dan sifatnya bervariatif, sehingga tidak bisa dikategorisasi dan distandardisasi dengan ukuran tunggal. Hal tersebut sangat disesuaikan dengan kegiatan usaha perusahaan dan tujuan bisnis perusahaan. 

"Aspek kesesuaian terhadap tujuan bisnis perusahaan tersebut membuat program CSR sangat unik dan bervariasi apabila dibandingkan antara yang satu dengan yang lainnya. Karena keunikan tersebut maka tak dimungkiri perusahaan juga mengkontribusikan manfaat positif terhadap masyarakat dan lingkungan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement