Selasa 23 May 2017 14:21 WIB

Jasa Marga Percepat Pembangunan Parking Bay di Ruas Tol

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah mobil melintas di jalan tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/10).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sejumlah mobil melintas di jalan tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga Tbk mengebut pembangunan parking bay yang tersebar di beberapa titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci. Fasilitas parking bay tersebut merupakan alternatif tempat beristirahat bagi para pemudik.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, rest area dan parking bay berbeda. Parking bay hanya menyediakan beberapa fasilitas utama, antara lain, toilet, mushalla, dan lahan parkir, tanpa keberadaan tenant dan SPBU karena fungsinya sebagai alternatif beristirahat pengguna jalan.

"Parking bay berfungsi untuk menambah kapasitas rest area yang kebutuhannya meningkat pada saat libur panjang dan arus mudik-pulang Lebaran," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (23/5).

Di Jalan Tol Jakarta Cikampek terdapat tiga lokasi parking bay, yaitu di KM 18, KM 41, dan KM 59 bagi pemudik yang akan menuju Cikampek. Sementara untuk arah Jakarta, tersedia dua titik pada KM 34 dan KM 58. Sedangkan, pada Jalan Tol Palimanan-Kanci, parking bay terdapat di KM 191.

Pembangunan parking bay ini diharapkan dapat melayani pengguna jalan yang ingin beristirahat, mengingat ketidakmampuan rest area menampung kebutuhan pengguna jalan saat libur panjang dan musim mudik Lebaran. Parking bay pun hanya akan dibuka saat libur panjang dan mudik.

Deputy General Manager Maintenance Cabang Jakarta-Cikampek Denny Chandra menambahkan, pembangunan parking bay di ruas Jakarta-Cikampek sudah memasuki tahap finishing dan siap digunakan pada mudik Lebaran ini.

"Sampai saat ini, tahap pembangunan sudah menyentuh angka 98 persen, kecuali pada KM 58 yang masih 65 persen. Namun, kami upayakan parking bay ini sudah siap digunakan sejak H-20 Lebaran," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement