Sabtu 13 May 2017 04:48 WIB

AS dan Cina Tanda Tangani 10 Perjanjian Perdagangan

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Bendera Cina-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera Cina-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) dan Cina menandatangani 10 kesepakatan perdagangan. Salah satunya adalah membuka pasar Cina ke lembaga pemeringkat kredit AS dan perusahaan kartu kredit.

Berdasarkan informasi dari BBC, Jumat (12/5), dalam kesepakatan tersebut, Cina akan mencabut larangan impor daging sapi dari AS. Kemudian Cina juga akan menerima pengiriman gas alam cair dari AS.

Sebagai imbalannya, produk ayam matang Cina akan diperbolehkan masuk ke pasar AS. Termasuk juga bank Cina, yang juga akan diperbolehkan masuk ke pasar AS.

Adapun menurut Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross, kesepakatan tersebut akan mengurangi surplus perdagangan Cina dengan AS pada akhir 2017. Kesepakatan ini merupakan pertanda nyata dari perundingan perdagangan yang dimulai pada bulan lalu.

Kesepakatan ini juga menunjukkan Presiden AS Donald Trump mengadopsi pendekatan yang kurang konfrontatif dengan Cina. Hal ini berbeda dengan apa yang dikampanyekannya saat pencalonan presiden dulu.

Saat kampanye, Trump telah melabeli Cina dengan 'manipulator mata uang' dan memberlakukan tarif perdagangan atas barangnya. Namun kemudian sikapnya melunak hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement