Senin 08 May 2017 09:57 WIB

Asuransi Jiwasraya Tambah Bisnis E-Commerce

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Asuransi Jiwasraya
Foto: matanews.com
Asuransi Jiwasraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini warung klontong atau kios tidak hanya menjual beragam kebutuhan konvensional rumah tangga. Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi dan dunia usaha, para pemilik usaha kecil kini dapat menjual lebih mudah beragam jasa dan produk bahkan melalui proses digital.

Salah satu produk yang tersedia pada usaha tradisional saat ini adalah produk asuransi jiwa. PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bersama PT Kioson Komersial Indonesia (Kioson), perusahaan O2O e-commerce berbasis aplikasi, meluncurkan produk Asuransi JS Mikro Sahabat. Sebuah produk asuransi mikro dengan manfaat yang cukup besar.

JS Mikro Sahabat ini ditujukan bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang ingin mendapatkan proteksi asuransi dengan biaya yang murah. Cukup dengan membayar premi sebesar Rp 50 ribu peserta akan mendapatkan manfaat asuransi selama 1 (satu) tahun berupa:

1. Meninggal dunia bukan karena kecelakaan, dibayarkan sebesar Rp. 5.000.000,-

2. Meninggal dunia karena kecelakaan, dibayarkan sebesar Rp. 30.000.000,-

3. Biaya evakuasi meninggal dunia karena kecelakaan, maksimal dibayarkan sebesar Rp.2.500.000,-

Selain berpremi rendah, keunggulan lain dari produk JS Mikro Sahabat ini diantaranya mudahnya persyaratan yang diberlakukan yaitu cukup dengan mengisi data diri (nama lengkap, umur, nomor KTP, nomor Handphone) dan masih dalam rentang usia 17 tahun hingga 69 tahun. Disamping itu, pembayaran atas klaim asuransi terbilang cukup cepat yaitu selama maksimal 10 hari kerja setelah prosedur dan syarat pengajuan klaim diterima secara lengkap dan klaim disetujui di PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Peluang pasar asuransi masih sangat besar mengingat sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat terutama kelas ekonomi menengah ke bawah yang membutuhkan jaminan asuransi, namun masih banyak terkendala premi yang cukup tinggi," ujar Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hendrisman Rahim di Jakarta Senin (8/5).

Berdasarkan data AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), saat ini masih ada sekitar 93 persen dari total penduduk Indonesia sekitar 255 juta jiwa yang belum terjangkau oleh pasar asuransi jiwa. "Dengan memperkenalkan JS Mikro Sahabat Mikro Sahabat melalui Kioson, masyarakat kelas menengah ke bawah akan lebih mudah menjangkau serta mengambil manfaat produk asuransi, apalagi bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam segi akses. Melalui kerjasama dengan Kioson, masyarakat bisa menikmati layanan JS Mikro Sahabat yang dapat ditemukan di warung, toko kelontong maupun kios yang telah menjadi mitra Kioson," jelasnya.

Untuk mendapatkan produk asuransi ini, masyarakat atau calon nasabah hanya perlu mendatangi Mitra Kioson (warung, kios, toko klontong yang memiliki logo atau tanda Kioson). Selain itu, kerjasama ini juga sekaligus memberikan peluang baru bagi Kioson. Sebab dengan adanya produk asuransi, produk-produk yang disediakan oleh Kioson semakin lengkap.

Seperti yang diungkapkan oleh CEO dan Co-Founder Kioson Jasin Halim, penunjukan Kioson sebagai rekanan dalam pendistribusian produk JS Mikro Sahabat, dinilai sangat pas, start-up O2O e-commerce, memiliki model bisnis yang berbeda dengan yang lainnya. "Kioson yang selama ini menjadi menjadi mitra bisnis para pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya, tumbuh menjadi perusahaan e-commerce yang memiliki jaringan luas, terutama di kota lapis kedua. Sehingga kerjasama antara PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Kioson Komersial Indonesia, akan menguntungkan bagi keduanya," ucapnya.

Saat ini produk JS Mikro Sahabat sudah tersebar secara nasional dan secara khusus berada di jaringan mitra Kioson yang kuat di kota lapis kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement