Rabu 03 May 2017 06:38 WIB

Produksi Awal Pabrik Mobil Cina Wuling di Indonesia 200 Ribu Unit

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
MPV Wuling
MPV Wuling

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan asal Cina PT Saic-GM-Wuling (SGMW) akan mulai memproduksi kendaraan roda empat di Indonesia mulai pertengahan bulan ini. Hal ini seiring dengan hampir selesainya pabrik produki yang bertempat di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, peresmian pabrik otomotif tersebut sebenarnya baru akan dilakukan pada pertengahan tahun atau sekitar Juli 2017. Namun, Saic-GM-Wuling akan melakukan produksi terlebih dahulu.

"Kan pabriknya sudah hampir selesai, tapi akan diresmikan pada pertengahan bulan Juli," kata Airlangga

Perusahaan ini akan memproduksi dua jenis kendaraan roda empat, yakni kendaraan multiguna atau multi-purpose vehicle (MPV) dan kendaraan utilitas sport atau sport utility vehicle (SUV). MPV akan diproduksi lebih cepat yaitu pada pertengahan bulan ini, sedangkan SUV akan diproduksi pada akhir tahun.

Untuk tahap awal,  PT Saic-GM-Wuling akan memproduksi kendaraan mencapai 200 ribu unit. Sementara harga per unit, Airlangga belum mengetahui secara rinci.

Menurutnya, meski kendaraan yang dibuat pabrikan Cina, unit ini akan bisa bersaing dengan kendaraan pabrikan Jepang.  Dengan harga yang bersaing dan kekuatan kendaraan yang tidak jauh, maka produksi dari Cina akan bisa diterima masyarakat Indonesia.

Bahkan di negara asalnya, kendaraan dari pabrikan ini telah diproduksi mencapai 22 juta unit. Menurutnya, hal itu berarti kendaraan tersebut mampu dioperasikan, dan tidak menimbulkan banyak masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement