Senin 01 May 2017 10:18 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat pada April

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Pertumbuhan ekonomi Cina melambat.
Foto: Reuters
Pertumbuhan ekonomi Cina melambat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Output di pabrik dan tambang Cina terus berkembang pada April namun pada laju yang lebih lambat dari bulan sebelumnya. Indeks manajer pembelian (PMI) adalah 51,2 pada April

Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan, angka tersebut turun dari level tertinggi lima tahun di 51,8 pada Maret. Angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan di sektor ini merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. 

Kuartal pertama 2017 telah melihat percepatan pertumbuhan PDB Cina dan juga rebound dalam belanja ritel. Data perdagangan yang kuat juga membantu meredakan kekhawatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun lalu. 

"Meskipun PMI telah turun sedikit, kita juga dapat melihat akumulasi faktor positif," kata analis NBS Zhao Qinghe dilansir dari BBC, Senin (1/5).

Ia juga menyoroti peningkatan produksi barang konsumsi dan perbaikan aktivitas usaha kecil sebagai tanda positif bagi perekonomian. Namun analis mengatakan, pertumbuhan mungkin melambat pada kuartal kedua. 

Betty Wang dari ANZ Research menulis dalam catatan, data April menunjukkan aktivitas manufaktur Cina mungkin telah mundur dari puncaknya di kuartal pertama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement