Jumat 28 Apr 2017 09:21 WIB

IHSG Dibuka Menguat ke Level 5.723

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nidia Zuraya
Pekerja melintas disamping layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pekerja melintas disamping layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada pembukaan perdagangan Jumat (28/4). IHSG menguat 15 poin di level 5.723, didorong oleh sembilan saham sektoral yang berada di zona hijau.

Sembilan sektor saham yang menguat adalah pertambangan 0,38 persen, konsumer 0,16 persen, perdagangan 0,15 persen, keuangan 0,36 persen, infrastruktur 0,39 persen, manufaktur 0,11 persen, properti 0,41 persen, aneka industri 0,26 persen, agrikultur 0,71 persen. Sementara satu sektor yang melemah hanya industri dasar sebesar 0,12 persen.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menilai, masih ada potensi kenaikan. Namun, jika sentimen yang ada tidak cukup positif bagi IHSG, maka posisi IHSG akan sangat rapuh terjadinya pembalikan arah. 

''Dengan demikian, IHSG akan berpeluang menuju ke level support di area 5.697 dan 5.687,'' kata Reza, saat dihubungi, Jumat (28/4).

Menurut dia, pelemahan yang terjadi meski tipis, namun dapat membuka peluang pelemahan lebih lanjut. Terutama jika kondisi dari sentimen yang ada maupun dari laju sejumlah indeks global tidak mampu memberikan kondisi yang kondusif bagi IHSG, maka akan sangat rentan terjadinya pelemahan tersebut. 

''Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang ada dan masih adanya potensi pelemahan lanjutan pada IHSG,'' jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement