Kamis 23 Mar 2017 12:02 WIB

Oman Bidik Peluang Industri Makanan Halal dan Perbankan Syariah

Rep: marniati/ Red: Agung Sasongko
Muscat
Foto: fr.wikipedia.org
Muscat

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT -- Oman memiliki beberapa keunggulan dalam mengembangkan industri halal  di seluruh dunia. Khususnya makanan halal dan perbankan syariah. 

"Makanan halal atau industri halal senilai  2 triliun dolar per tahun. Jika Oman bisa mendapatkan lima persen dari total industri makanan halal, itu akan sangat luar biasa,” ujar Wakil kepala eksekutif Banking Group Islam Sulaiman Al Harthy seperti dilansir timesofoman.com, Kamis (22/3).

Menurut Al Harthy , sektor swasta Kesultanan dapat bekerja sama dengan para ahli di bidang manufaktur makanan halal dan menjadi basis ekspor untuk memenuhi permintaan dari seluruh dunia.

Ia  juga mencatat bahwa Oman memiliki beberapa keunggulan dalam menarik investasi di industri berbasis syariah. Kesultanan berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan potensi tersebut. Langkah terbaru dari Otoritas Pasar Modal untuk memberikan persetujuan awal senilai  300 juta Omani Rial (OMR) dari sukuk akan membantu memberikan pembiayaan untuk proyek-proyek berbasis syariah. 

 

Sementara itu presiden eksekutif Bank Sentral Oman, Hamoud Sangour Al Zadjali mengatakan pangsa pasar bank syariah dan operasi bank konvensional menyentuh 10,3 persen dalam hal aset, 10,9 persen dalam hal per keuangan dan 10,6 hal sen dari simpanan nasabah.  Prestasi ini dicapai dalam waktu yang singkat  yakni empat tahun. 

Bahkan, total aset bank syariah naik 36,65 persen menjadi OMR3 miliar pada Desember 2016, dari OMR2 miliar untuk periode 2015. Demikian pula, pembiayaan oleh lembaga-lembaga Islam melonjak 36,1 persen menjadi OMR2.4 miliar pada bulan Desember  tahun 2016, dari OMR1.7 miliar pada tahun 2015. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement