Rabu 08 Mar 2017 10:40 WIB

Aramco Bayar Mahal untuk Akhiri Kerja Sama dengan Shell

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini
Logo perusahaan minyak Saudi Aramco.
Foto: ngoilgasmena.com
Logo perusahaan minyak Saudi Aramco.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perusahaan minyak asal Arab Saudi, Aramco, akan membayarkan uang sebanyak 2,2 miliar dolar AS pada Shell sebagai finalisasi pembagian kilang minyak. Kedua perusahaan tersebut telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka yang telah berjalan selama 19 tahun, yang dikenal dengan nama Motiva Enterprises LLC.

Unit Pemurnian Minyak Aramco akan menguasai secara penuh kepemilikan Motiva Enterprises, berikut dengan status legalnya. Perusahaan tersebut juga akan menguasai kilang minyak terbesar di Amerika Serikat yang berada di Texas, termasuk 24 terminal distribusi. Sementara itu, Shell akan mengambil kepemilikan kilang minyak Norco dan Convent di Lousiana, termasuk 11 terminal distribusi.

"Motiva adalah salah satu kompetitor yang paling kuat di Amerika Serikat. Kami menghargai hubungan yang penting ini di dalam sektor energi AS yang sangat dinamis," ujar Senior Vice President Aramco, Abdulaziz Al-Judaimi dilansir dari Bloomberg. "Kami ingin terus menyediakan dukungan finansial yang kuat untuk Motiva di masa transisi saat ini."

Pembagian aset sekaligus pembayaran tersebut diperkirakan akan selesai pada kuartal kedua tahun ini. Pada 2016, Shell dan Aramco telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka yang melibatkan tiga kilang minyak, terminal bahan bakar dan hak atas merek bahan bakar di sejumlah negara bagian Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement