Rabu 01 Mar 2017 23:24 WIB

Ini Pandangan Sandiaga Soal Investasi Saudi di Indonesia

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Teguh Firmansyah
Raja Salman (kiri) dan Presiden Joko Widodo.
Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Raja Salman (kiri) dan Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz ke Indonesia yang akan menggelontorkan investasinya ke Indonesia menarik perhatian banyak pihak, tak terkecuali Sandiaga Uno. Calon wakil gubernur DKI Jakarta ini berharap, Arab Saudi mau berinvestasi di tiga sektor yang dinilainya penting.

"Pertama, industri yang berbasis pengolahan gas bumi, karena kita ketahui Saudi Arabia sangat //advance// pengetahuannya di bidang pengolahan, baik itu kilang maupun petro chemical," kata dia di Jakarta, Rabu (1/3).

Kedua, lanjut Sandi, terkait industri medis. Cawagub pasangan Anies Baswedan ini menilai, banyak yang belum tahu bahwa industri medis di Saudi Arabia terbilang maju. Ia menceritakan pengalamannya ketika mertuanya terkena stroke saat menjalani ibadah umroh. Ketika itu mertuanya dirawat di sebuah rumah sakit di Jeddah. 

Perawatan di sana, menurutnya, tak kalah dengan perawatan di rumah sakit kelas dunia. Sandi menceritakan, sebelum masuk ruang scanning, pasien diperdengarkan ayat-ayat Alquran agar merasa santai dan tenang.

"Jadi, ada pendekatan secara syariah. Menurut saya ini bisa juga diadopsi di industri medis kita," ujar suami Nur Asia ini.

Ketiga, yang menurutnya juga penting, adalah industri berbasis pariwisata dan pendidikan. 25 juta penduduk Saudi Arabia pendapatan per kapitanya sangat tinggi. Indonesia, menurut Sandi, bisa menjadi destinasi pariwisata bagi wisatawan negara kelahiran Nabi Muhammad ini.

Sandi menambahkan, pendidikan di Madinah dan Riyadh, bisa menjadi contoh model pendidikan. Di dua kota tersebut pendidikannya diakui di level dunia untuk bidang-bidang keagamaan.

"Kunjungan ini mudah-mudahan menghasilkan investasi yang dibutuhkan di Indonesia untuk memastikan lapangan kerja yang tercipta," katanya.

Baca juga,  Berapa Nilai Investasi Arab Saudi di Indonesia?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement