Rabu 01 Mar 2017 15:59 WIB

Luhut Pastikan 4 Daerah Ini akan Dapat Investasi Raja Salman ‪

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ilham
 Presiden Joko Widodo menyambut Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3).
Foto: AP/Dita Alangkara
Presiden Joko Widodo menyambut Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, disebut-sebut akan menginvestasikan 25 miliar dolar AS atau Rp 333 triliun di Indonesia.‬ Menurut Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, setidaknya 10 hal akan dikerjasamakan. Raja Salman pun akan berinvestasi ke beberapa daerah di Indonesia.

"Sudah dipastikan akan mendapatkan investasi dari Raja Salman, yakni Bontang, Cilacap, Bangka, dan Belitung," ujar  Luhut usai mengisi kuliah umum di aula barat ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Rabu (1/3).

‪Saat ditanya tentang kemungkinan investasi di Jabar, Luhut belum bisa memastikannya. Namun, ia yakin Jabar juga termasuk wilayah yang akan mendapatkan investasi dari Raja Salman.‬

‪Saat ini, Jabar memiliki sumber daya alam berupa panas bumi untuk dikembangkan sebagai energi. Sumber panas bumi di Jabar ada di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.‬ ‪"Mungkin ada di sektor geothermal. Yang jelas pasti banyak menyerap tenaga kerja lokal," kata Luhut.‬

Raja Arab Saudi, kata dia, di antaranya akan berinvestasi di sektor kilang minyak, penerbangan, bahan bakar minyak, tol laut, pariwisata, dan lainnya.‬ Di sektor pariwisata, Indonesia di Padang atau masuk di Bangka dan Belitung yang sudah siap. "Jadi nanti bisa terbang dari Riyadh langsung ke situ," katanya.

‪Luhut belum bisa merinci investasi Raja Salman. Namun, nilai investasinya bervariasi di setiap sektor dan daerahnya.‬ Satu daerah, bisa beberapa juta dolar. "Kalau kilang minyak nilai investasinya sampai 6 miliar dolar AS," kata Luhut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement