Selasa 28 Feb 2017 04:28 WIB

Jalur Kereta Api Layang akan Dibuat Menuju Bandara Baru Yogyakarta

Rep: neni ridarineni/ Red: Budi Raharjo
Masterplan Bandara Internasional di Kulonprogo
Foto: yogyayes
Masterplan Bandara Internasional di Kulonprogo

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Persiapan konektivitas jalan menuju New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan dibangun di Kulon Progo terus berjalan. Karena ditargetkan tahun 2019 kereta api menuju bandara NYIA sudah bisa beroperasi.

"Informasi tentang kesiapan pembangunan jalur kereta api dari Kedundang ke bandara baru sudah bagus. Tetapi masih rapat-rapat dan perlu kesepakatan," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY Gatot Saptadi pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Senin (27/2).

Menurut Gatot, untuk pembangunan rel kereta api Kedundang-NYIA dicoba dan diupayakan sedemikian rupa tidak  banyak melakukan pembebasan lahan. Dan, kata dia menambahkan, jalur yang nantinya digunakan untuk kereta api fungsinya tidak hanya untuk bandara melainkan juga untuk kebutuhan umum.

"Jadi kemungkinan untuk jalur kereta api elevated track (jalur kereta api layang), namun sampai sekarang belum kesepakatan final. Meskipun diharapkan tahun 2019 jalur kereta api sudah bisa beroperasi bersamaan dengan beroperasinya NYIA,’ ’ujarnya.  

 

Sementara ketika ditanya tentang jalan tol, ia mengatakan tidak berani komentar. Biasanya tol yang mengerjakan swasta, mungkin sekarang sedang mencari data lapangan dulu. "Nantinyanya yang menjadi acuan terakhir adalah yang telah disepakati, tetapi sekarang masih belum diputuskan, karena masih rapat-rapat,’’ kata Gatot yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement