Kamis 23 Feb 2017 20:48 WIB

Kapal Roro Jakarta-Surabaya Mulai Beroperasi April 2017

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Budi Raharjo
Kapal feri tipe roro
Foto: Antara
Kapal feri tipe roro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pelayanan kapal angkutan roll on roll off (roro) rute Jakarta-Semarang-Surabaya mulai beroperasi April 2017. Kapal angkutan ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut muatan barang.

Guna mendukung pengoperasian kapal roro, kata Budi, Kemenhub akan mengaktifkan jembatan timbang di Jalur Pantura, Pulau Jawa. "Ini dilakukan karena jumlah angkutan berat yang melewati Jalur Pantura sudah tidak bisa dikendalikan," katanya, Rabu, (22/2).

Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terang dia, juga telah meminta agar segera mengoperasikan kapal roro untuk lintasan Jakarta-Semarang-Surabaya. Ini dilakukan agar beban jalan di Pantura berkurang dan tidak cepat rusak seperti sekarang.

“Tiap tahun Jalur Pantura diperbaiki tapi rusak terus sehingga biaya untuk perbaikannya sangat besar. Makanya kami buat alternatif untuk angkutan muatan barang tersebut melewati jalur laut."

Untuk mendukung kelancaran angkutan kapal roro akan dilakukan  penegakan hukum terhadap muatan truk yang melewati Jalur Pantura. “Kami  tegakkan aturan, truk harus sesuai kapasitas, misalnya truk tersebut maksimal 10 ton ya 10 ton, kalau lebih kembali, tidak ada istilah denda."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement