Jumat 17 Feb 2017 16:26 WIB

Kemendag Bakal Revitalisasi 272 Pasar Rakyat Selama 2017

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Andi Nur Aminah
Revitalisasi Pasar Tradisional
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Revitalisasi Pasar Tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan menargetkan untuk membangun dan merevitalisasi 272 unit pasar rakyat selama 2017. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan, pembangunan dan peremajaan pasar rakyat tersebut akan menggunakan dana Tugas Pembantuan serta Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sudah dialokasikan ke kabupaten/kota. 

Karyanto menyebut, alokasi dana yang diberikan untuk pasar rakyat berbeda-beda, tergantung tipe tiap pasar. "Untuk pasar rakyat Tipe A dialokasikan anggaran Rp 11,5 miliar, Tipe B Rp 7,7 miliar, Tipe C Rp 5,8 miliar dan Tipe D Rp 3,6 miliar," ucapnya, di gedung Kementerian Perdagangan, Jumat (16/2). 

Karyanto berharap sektor perdagangan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada pertumbuhan ekonomi tahun ini. Salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tersebut yakni dengan membangun pasar-pasar rakyat. 

Kementerian Perdagangan sendiri akan menggelar rapat kerja pada 20-22 Februari mendatang. Karyanto mengatakan, rapat kerja tersebut akan membahas penataan sistem perdagangan yang mencakup distribusi, sarana dan prasarana perdagangan dan pengawasan barang. Raker juga akan membahas upaya peningkatan mutu serta upaya menjaga keseimbangan pasokan produk. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement