Kamis 16 Feb 2017 15:56 WIB

11,52 Juta Wisatawan Asing Kunjungi Indonesia pada 2016

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Turis asing di Sabang, Pulau Weh, Aceh
Foto: ROL/Winda Destiana
Turis asing di Sabang, Pulau Weh, Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang 2016 terdapat 11,52 juta wisatawan asing yang mengunjungi Indonesia. Angka ini meningkat dibandingkan pada periode yang sama pada 2015 yang hanya 10,41 juta wisman.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan data ini didapat dari 19 pintu utama yang berkunjung di seluruh Indonesia. Tercatat di tiga bandar udara terbesar di Indonesia seperti Ngurah Rai Bali, Soekarno Hatta Jakarta dan Batam mengalami kenaikan, masing masing 23 persen dan 4,8 persen. Meski begitu, di Batam mengalami penurunan sebesar 7,33 persen.

Meski di Batam mengalami penurunan, namun ada pergerakan signifikan pada daerah lain yang sebelumnya kedatangan wisatawan mancanegaranya tak begitu banyak. Suhariyanto mengatakan di Sulawesi Utara banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi.

"Hal ini dikarekanakan sekarang sudah ada direct flight dari Sulawesi Utara ke Cina dan sebaliknya. Ini menjadi pemicu adanya peningkatan Wisman ke Indonesia," ujar Suhariyanto.

Selain Sulawesi Utara, tercatat daerah seperti Riau dan Sulawesi Selatan juga mengalami peningkatan wisman karena banyak penerbangan yang langsung menuju daerah tersebut sebagai destinasi wisata.

"Di Riau juga banyak, terus satu lagi di Sulawesi Selatan. Destinasi ini bagus, karena luas sekali, kedepan destinasi harus lebih bagus," ujar Suhariyanto.

Secara pendapatan negara, dengan meningkatkan wisman yang datang ke Indonesia, BPS mencatat terdapat peningkatan pendapatan daerah dilihat dari Tingkat Penghunian Kamar (TPK) dan lama inap. TPK di hotel berbintang di 27 provinsi pada Desember 2016 tercatat rata rata 56,50 persen. Sedangkan untuk lama inap tercatat rata rata 1,70 hari.

Untuk wilayah destinasi wisata, Bali dan Sulawesi Utara masih mendominasi. Sefangkan untuk daerah lain seperti Bangka Belitung dan Sumatra Barat. Sedangkan untuk di pulau Jawa sendiri masih didominasi di daerah Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement