Jumat 10 Feb 2017 03:47 WIB

Pemerintah Bagikan Paket Lampu Tenaga Surya ke Indonesia Timur

Rep: Frederikus Bata/ Red: Budi Raharjo
Lampu tenaga surya
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Lampu tenaga surya

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Pemerintah akan membagikan 95.729 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di daerah terpencil di Indonesia. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan menerangkan ada enam provinsi jadi sasaran.

"Paket LTSHE akan diserahkan kepada enam provinsi tertimur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," kata Jonan dalam perayaan Hari Pers Nasional di Ambon, lewat siaran pers, Kamis (9/2).

Pembagian ini bagian dari target negara untuk melistriki 2500 desa tertinggal. Jonan mengungkapkan dana Rp 332,8 miliar dialokasikan di sektor tersebut.

Kementerian ESDM telah mengusulkan dana sekitar Rp 1 triliun untuk kelanjutan program ini. Sasarannya melistriki 15 provinsi dengan total 255.250 rumah tangga.

Jonan menerangkan mengenai mekanisme pembagian, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah. Paket program LTSHE antara lain mencakup panel surya kapasitas 20 watt peak, 4 lampu LED, baterai, biaya pemasangan, dan layanan purna jual selama tiga tahun.

"Pemerataan akses listrik adalah hal mutlak demi energi yang berkeadilan di Indonesia,” tutur mantan Menteri Perhubungan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement