Kamis 09 Feb 2017 10:09 WIB

Cek Pasar di Ambon, Mendag Temukan Harga Cabai Turun

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Pedagang  cabai di pasar tradisional. ilustrasi   (Dokumentasi Republika)
Pedagang cabai di pasar tradisional. ilustrasi (Dokumentasi Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memantau harga pangan di Pasar Mardika, Ambon, Maluku. Mendag menemukan harga cabai rawit merah besar turun 13,3 persen menjadi Rp 65 ribu per kilogram, dari harga pekan lalu yang mencapai Rp 75 ribu per kilogram. 

"Harga ini jauh lebih rendah dibanding harga rata-rata nasional yang saat ini berkisar Rp 103.300 per kilogram," ujarnya, seperti dituturkan Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan pada Rabu (8/2) lalu. 

Berdasarkan hasil pantauannya di Pasar Mardika, Enggartiasto mengatakan bahwa harga bahan pokok lainnya relatif stabil. Bahkan, sejumlah bahan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng curah cenderung mengalami penurunan dalam sepekan terakhir. Meskipun penurunanya hanya berkisar 3-5 persen. 

Pasar Mardika sendiri merupakan sentra ekonomi masyarakat setempat yang diresmikan pengoperasiannya sejak 2007 lalu. Pasar tersebut termasuk salah satu fasilitas umum yang rusak saat terjadi konflik kemanusiaan di Ambon pada 1999 lalu.

Pascakonflik, Pasar Mardika dibangun kembali secara bertahap. Saat ini pasar yang terdiri dari tiga lantai tersebut dapat menampung 811 pedagang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement