Rabu 08 Feb 2017 12:50 WIB

Darmin: Eximbank Berpeluang Ikut Salurkan KUR

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Foto: Republika.co.id
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiyaan Ekspor Indonesia (LPEI) berpeluang ikut serta dalam penyaluran KUR. Ia mengatakan LPEI bisa saja ikut dalam skema pembiayaan KUR asalkan, pihak LPEI bisa menjaga prudence yang jelas.

Darmin menjelaskan, untuk saat ini skema KUR memang diprioitaskan pada perbankan. Ia masih berharap pihak Perbankan bisa mendukung rencana ini sehingga pertumbuhan kredit bisa naik dan mengangkat produktifitas usaha rakyat.

Hingga saat ini, Darmin mengatakan pemerintah sudah mensepakati keterlibatan koperasi dalam skema pembiayaan KUR. Namun, untuk keterlibatan LPEI, Darmin menilai hal tersebut bisa saja dirumuskan.

"Kayaknya ada beberapa memang yang diusulkan OJK. Kalay yang terakhir kita setuju koperasi. Yang lain bisa sih. Yang penting kan dia mengikuti prudence yang jelas. Kemudian dia sehat. Dan buktinya apa, ojk kasih rekomendasi kan?," ujar Darmin di Jakarta, Selasa (7/2) malam.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengusulkan agar Indonesia Eximbank diikutkan dalam program KUR. Terkait hal itu, OJK sudah mengirimkan surat usulan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement