Jumat 27 Jan 2017 13:40 WIB

Menlu: Pajak Tinggi untuk Meksiko akan Dibayar Konsumen AS

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Beban Pajak (ilustrasi)
Beban Pajak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Sekretaris Hubungan Luar Negeri Meksiko Luis Vedegaray menegaskan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump jika pemerintah AS menaikkan pajak impor kepada Meksiko sama saja konsumen dari AS yang akan membayarkannya. 

Sebelumnya Trump mempertimbangkan penggunaan pajak impor barang dari Meksiko untuk membiayai pembangunan dinding perbatasan negara. Yaitu dengan menaikkan sekitar 20 persen.

"Pajak impor atas Meksiko ke Amerika Serikat bukanlah cara untuk membuat Meksiko membayar untuk dinding, tapi cara untuk membuat konsumen Amerika Utara membayar untuk itu, melalui alpukat, mesin cuci, televisi lebih mahal," kata Videgaray, dilansir dari ITV News, Jumat (27/1).

Menteri ekonomi Meksiko, Ildefonso Guajardo Villarreal, turut angkat bicara. Ia mendukung komentar Videgaray. Ia memperingatkan bahwa pajak tidak akan bekerja dan justru akan memukul konsumen Amerika.

Meksiko adalah salah satu mitra dagang terbesar Amerika dan Amerika Serikat adalah negara pembeli nomor satu. Terhitung sekitar 80 persen ekspor dari negara tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement