Jumat 27 Jan 2017 08:55 WIB

Trump akan Tarik Pajak Perbatasan untuk Danai Tembok Pemisah

Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko
Foto: VOA
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump menginginkan pajak baru sebesar 20 persen terhadap semua barang impor dari Meksiko. Hasil pajak ini nantinya untuk membiayai pembangunan tembok di perbatasan selatan AS dengan negara tetangganya Meksiko.

"Trump ingin pajak baru ini menjadi bagian dari paket reformasi pajak di AS," kata juru bicara Gedung Putih Sean Spicer kepada wartawan, Kamis (26/1), seperti dilansir Reuters.

Namun Spicer tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana kebijakan pajak baru itu akan dilaksanakan. Ia hanya mengatakan usulan pajak baru tersebut saat ini sedang dipertimbangkan oleh Kongres AS.

"Kami memiliki pajak baru yang bisa menghasilkan 50 miliar dolar AS dari barang-barang impor. Praktik ini sudah dijalankan oleh 160 negara lain," ujar Spicer.

"Kebijakan AS selama ini konyol karena mengenakan pajak ekspor dan membiarkan barang impor mengalir bebas. Tapi dengan melakukan reformasi pajak kita bisa memperoleh sedikitnya 10 miliar dolar AS per tahun dan bisa untuk membiayai pembangunan dinding (pemisah). Hanya melalui mekanisme itu saja," kata Spicer menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement