Selasa 24 Jan 2017 01:22 WIB

Bank Mandiri-Kemenhub Kerja Sama Sistem Pembayaran

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Bank Mandiri
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri terus menjalin kerja sama melalui layanan sistem keuangan dengan Kementerian maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya. Perseroan pun menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin, (23/1).

Melalui kerja sama tersebut Bank Mandiri bakal menyediakan sistem perbankan untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) secara elektronik kepada pengguna jasa di Kemenhub. Bank pelat merah tersebut juga menjadi mitra Kemenhub dalam pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta fasilitas kredit untuk PNS di Kemenhub.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, sebelumnya perseroan pun sudah bekerja sama dengan Kementerian ESDM, dan SKK Migas. "Lalu untuk Kementerian Agama melalui Bank Syariah Mandiri," ujarnya di Gedung Kemenhub.

Melalui beragam kerja sama itu, pendanaan Bank Mandiri ikut bertambah dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK). Kartika menjelaskan, untuk pembiayaan korporasi seperti infrastruktur perlu pendanaan besar dan bersifat jangka panjang.

Pada tahun lalu, Bank Mandiri mencatat penyaluran kredit korporasi sekitar Rp 220 triliun. Kemudian DPK per November 2016 mencapai Rp 644,47 triliun atau meningkat 11 persen year on year.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement