Senin 23 Jan 2017 12:08 WIB

Harga Cabai di Ternate Anjlok

Cabai
Foto: dok republika
Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Harga cabai di Ternate, Maluku Utara pada awal pekan ini anjlok dibandingkan dengan pekan lalu karena mulai banyaknya pemasokan dari luar daerah. Salah seorang pedagang di pasar Higienis Ternate Ramla, mengatakan, harga cabai rawit yang pekan sebelumnya mencapai Rp 120 ribu per kilogram (kg) kini anjlok menjadi Rp 65 ribu per kg.

Begitu pula harga cabai nona dari Rp 85 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg. Cabai keriting Rp 70 ribu per kg saat ini hanya Rp 30 ribu per kg.

"Harga cabai tersebut diperkirakan pada beberapa hari ke depan akan menurun lagi karena pemasokan dari luar Ternate, seperti Halmahera dan Sulawesi Utara cenderung bertambah," ujar Ramla, Senin (23/1).

Harga bumbu masak lainnya di Ternate yang juga pada awal pekan ini mengalami penurunan dibandingkan dengan pekan sebelumnya adalah bawang merah dari Rp 55 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg dan bawang putih Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 45 ribu per kg.

Menurut Ramla, harga sayuran pada awal pekan ini tetap stabil. Tomat misalnya Rp 8.000 [er kg, wortel Rp 20 ribu per kg dan kentang Rp 20 ribu per kg karena pemasokan dari luar Ternate juga cukup banyak.

Pasokan sayuran di Ternate yang sebelumnya hanya mengandalkan dari Sulawesi Utara, kini mulai ada dari sejumlah kabupaten di Maluku Utara seperti kabupaten Halmahera Barat, Kota Tidore Kepulauan dan Halmahera Timur.

Sebelumnya Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman mengatakan Pemkot setempat telah menjalin kerja sama Segi Tiga Emas dengan kota Tidore Kepulauan dan kabupaten Halmahera Barat. Tujuannya antara lain penyediaan berbagai komoditas sayuran dari kedua daerah itu untuk kebutuhan masyarakat di kota Ternate.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement