Ahad 22 Jan 2017 07:46 WIB

Asuransi Syariah di Malaysia Tumbuh Lebih Tinggi dari Konvensional

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Asuransi syariah, ilustrasi
Asuransi syariah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,DUBAI -- Fitch Ratings mencatat bahwa pertumbuhan industri takaful atau asuransi syariah di Malaysia lebih tinggi ketimbang pertumbuhan asuransi konvensional. Hal ini didorong oleh konsumsi domestik yang stabil, basis yang rendah, serta kesadaran masyarakat untuk berasuransi.

Dilansir Zawya, Ahad (22/1), takaful keluarga tumbuh sebesar 9,8 persen sementara takaful umum tumbuh 5,8 persen. Takaful keluarga mewakili hampir dua pertiga dari segmen takaful negara, dan takaful umum memiliki pangsa pasar sebesar 30 persen dari total industri asuransi. Sedangkan, pertumbuhan asuransi umum konvensional sebesar 2,8 persen dan asuransi keluarga konvensional sebanyak 8,2 persen.

Fitch memperkirakan pertumbuhan yang pesat ini akan mendorong konsolidasi di industri takaful dalam jangka pendek. Selain itu, inisiatif serta dorongan pemerintah dapat meningkatkan daya tarik industri takaful. Sehingga bisa memperkuat Malaysia sebagai salah satu pemain global terkemuka di industri keuangan syariah dan takaful.

Sejumlah pelaku takaful di Malaysia fokus untuk menyusun strategi dan berharap dalam jangka pendek ada volatilitas botom-line. Mereka juga mengoptimalkan pendekatan terhadap hasil yang disesuaikan dengan risiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement